Tuesday, January 29, 2019

Asas Non-Retroaktif

Selasa malam sembari menanti waktu jam tidur, aku menyaksikan acara ILC (Indonesia Laywer Club). Menarik disimak beberapa orang yang pandai merangkai kata dalam berbicara dan saat debat dengan lawannya. Menjadi rekreasi kata bagi orang, terutama orang introvert seperti aku yang irit kata.

Pembahasan malam ini terdapat istilah hukum yaitu asas Non-Retroaktif. Apa itu asas Non-Retroaktif?


Asas non-retroaktif adalah asas yang melarang keberlakuan surut dari suatu undang-undang. Dan  secara umum suatu undang-undang adalah bersifat non-retroaktif, yaitu tidak boleh berlaku secara surut.

Secara definisi Non Retroaktif adalah hukum yang baru dibuat sekarang, tidak akan menghukumi perbuatan di masa lalu. Hukum hanya boleh berlaku maju ke masa depan dan bukan ke masa lalu. Asas ini kuat dalam bidang pidana, goyah dalam hukum administrasi, tidak berlaku sepenuhnya pada hukum internasional, dan secara umum tidak boleh diberlakukan pada hukum perdata.

Sehingga dengan adanya asas non-retroaktif dalam ilmu hukum pidana berlaku “Tiada suatu perbuatan yang dapat dipidana kecuali atas kekuatan aturan pidana dalam perundang-undangan yang telah ada, sebelum perbuatan dilakukan”.

Seandainya seseorang melakukan suatu tindak pidana, pelaku tidak dapat dipidana atas ketentuan yang baru itu, hal ini untuk menjamin warganegara dari tindakan sewenang-wenang dari penguasa.


Sumber :
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4c80ae57a77f0/asas-non-retroaktif/
https://kamushukum.web.id/arti-kata/nonretroaktif/
https://muliadinur.wordpress.com/2008/06/02/asas-non-retroaktif/
https://www.academia.edu/7843013/Apa_arti_hukum_berlaku_surut

Monday, January 28, 2019

Stapler

Konon katanya tahun 2015 lalu sampai ramai perdebatan mengenai nama dari benda berupa alat yang berfungsi untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan staples berbentuk huruf "U" yang terlipat di bagian bawah kertas bila panjang kedua ujung melebihi tebal kertas.


Entah apakah itu disebut dengan staples, stapler, pengokot, cekrekan, jegrekan atau hekter. Setelah cek dan ricek akhirnya diketahui bahwa

  • hekter (haakje) dari bahasa Belanda, 
  • stapler dari bahasa Inggris. 
  • ceklekan dari bahasa Indonesia, 
  • jegrekan bahasa Jawa. 

Stapler pertama berasal dari abad ke-18 di Perancis, yang dioperasikan dengan tangan sudah dibuat untuk Raja Louis XIV dari Perancis pada tahun 1700-an. Kemudian Samuel Slocum memperoleh paten untuk alat penjilid kertas modern pada tanggal 30 September 1841.

Pada tanggal 24 Juli 1866, George W. McGill memperoleh U.S. Patent No. 56,587 untuk prototipe stapler modern berupa penyatu kertas dari kuningan yang bisa dibengkokkan.

Pada tanggal 7 Agustus 1866, alat bernama Novelty Paper Fastener dipatenkan alat ini hanya dapat diisi dengan satu staples, bisa digunakan untuk menjilid kertas, buku, hingga memaku karpet, mebel, atau kotak.

Pada tanggal 13 Agustus 1867, George W. McGill kembali menerima U.S. Patent No. 67,665 untuk alat tekan yang bisa memasukkan staples ke dalam kertas.

Pada tanggal 18 Februari 1879, hak paten No. 212,316 diterima McGill dari kantor paten Amerika Serikat untuk alat tekan memasukkan staples yang disebut McGill Single-Stroke Staple Press.

Pada tahun 1880-an hingga tahun 1920-an, tercipta Clipless Stand Machine, alat yang bekerja pada kertas dilubangi membentuk bagian kertas seperti lidah yang bisa dilipat di bagian belakang kertas.


Sumber :
https://chirpstory.com/li/265780
https://id.wikipedia.org/wiki/Stapler
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20070926225817AAivldQ

Sunday, January 27, 2019

Eka Tjipta Widjaja & Sinarmas

Eka Tjipta Widjaja yang lahir pada tanggal 27 Februari 1921 mulai menjual biskuit pada usia 17 tahun. Pada tahun 1950 mulai berdagang kopra sampai ke Pulau Selayar. Ketika berusia 37 tahun, ia pindah ke Surabaya, Jawa Timur.

Di Jawa Timur, ia memiliki kebun kopi dan kebun karet di Jember yang merupakan hasil dari kerja kerasnya. Pada tahun 1969, ia mendirikan pabrik minyak kelapa, CV Bintang Manado Oil Limited (Bimoli).

Pada tahun 1976, ia mendirikan Tjiwi Kimia, perusahaan yang bergerak di bidang bahan kimia. Kemudian pada 1980-1981, ia membeli sebidang perkebunan kelapa sawit seluas 10 ribu hektar, mesin serta pabrik berkapasitas 60 ribu ton di Riau serta perkebunan dan pabrik teh seluas 1.000 hektar berkapasitas 20 ribu ton.

PT Indah Kiat juga dibeli yang mampu memproduksi hingga 700 ribu pulp per tahun dan bisa memproduksi kertas hingga 650 ribu per tahun.

Satu tahun kemudian, Eka Tjipta membeli Bank Internasional Indonesia (BII). Bank ini kemudian mengalami perkembangan yang pesat, bermula dari dua cabang dengan aset senilai 13 miliar rupiah menjadi 40 cabang dan cabang pembantu, dengan aset bernilai 9,2 triliun rupiah.

Ia juga melebarkan sayap bisnisnya di bidang real estat. Eka Tjipta juga membangun ITC Mangga Dua dan Apartemen Green View yang berada di Roxy, serta Mal Ambassador di Kuningan.


Saat ini binisnya merambah berbagai sektor di bawah bendera Sinar Mas Group, dengan bisnis utamanya adalah pulp dan kertas, agribisnis, properti dan jasa keuangan. Sinar Mas mengantarkan Eka Tjipta Widjaja menjadi top ten konglomerat dengan kekayaan US$8,6 miliar (Rp124 triliun).


1. R Budi dan Michael Hartono, US$35 miliar (Rp508 triliun)
Bank Central Asia, Djarum, Polytron dan real estate.

2. Susilo Wonowidjojo US$9,2 miliar (Rp133 triliun)
Gudang Garam, Makin Group.

3. Eka Tjipta Widjaja US$8,6 miliar (Rp124 triliun)
Sinar Mas.

4. Sri Prakash Lohia US$7,5 miliar (Rp108 triliun)
Indorama Ventures.

5. Anthony Salim US$5,3 miliar (Rp76,9 triliun)
Indofood, First Pacific.

6. Tahir US$4,5 miliar (Rp65 triliun)
Mayapada Group, Forbes Indonesia.

7. Chairul Tanjung US$3,5 miliar (Rp50,8 triliun)  
CT Corp, Trans TV, Bank Mega dan Transmart, Wendy's, Versace dan Mango.

8. Boenjamin Setiawan dan keluarga US$3,2 miliar (Rp46,4 triliun)
Kalbe Farma, rumah sakit Mitra Keluarga.

9. Jogi Hendra Atmaja US$3,1 miliar (Rp45 triliun)
Grup Mayora.

10. Prajogo Pangestu US$3 miliar (Rp43,5 triliun)
PT Barito Pacific, Chandra Asri.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Eka_Tjipta_Widjaja
https://www.biografiku.com/biografi-eka-tjipta-widjaja-pengusaha-sukses-pemilik-sinar-mas-group/
http://medan.tribunnews.com/2019/01/27/sosok-eka-tjipta-widjaja-bangun-gurita-bisnis-sinar-mas-group-hingga-10-orang-terkaya-hartanya?page=4.

Tuesday, January 22, 2019

Youtube

Di youtube.com banyak sekali video yang bagus-bagus yang bisa kita nikmati. Untuk menikmati video tersebut lagi, maka kita perlu online lagi. Adakah cara menikmati video youtube lagi tanpa online?

Jawabnya ada, setidaknya ada 2 cara, yaitu sebagai berikut.

Cara 1 : ss

Caranya cukup mudah, yaitu peryama buka video yang ingin anda download melalui browser. Kemudian tambahkan ss pada link video. Lalu kita akan berpindah laman, berikutnya tinggal klik Download untuk mendownload videonya.


Cara 2 : yout

Cara kedua adalah dengan merubah url dari youtube dengan menghapus tulisan “Ube”, sehingga tersisa yout saja. Sehingga kita akan beralih lama ke https://yout.com/. Kemudian pilih format video MP4 dan pilih pula kualitas video tersebut. Lalu klik “Record MP4” untuk mengunduh video tersebut.


Sumber :
https://www.nesabamedia.com/cara-menyimpan-video-dari-youtube/
https://androidseluler.com/cara-download-video-youtube-tanpa-aplikasi/

Antara Cuaca, Musim dan Iklim

Banjir yang terjadi di Sidoarjo pada hari Minggu, tanggal 20 Januari 2019 terjadi pada musim penghujan saat cuaca hujan deras yang cukup lama, dimana hal tersebut sering terjadi setiap tahun dan hal tersebut tidak mengherankan karena Indonesia mempunyai iklim tropis.

Lalu apa perbedaan antara Cuaca, Musim dan Iklim


CUACA
Merupakan fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi terjadi dalam waktu singkat dan terobservasi dalam beberapa hari. Contoh cuaca adalah cerah, berawan dan hujan.

MUSIM
Terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca dan terobservasi dalam hitungan bulan. Contoh musim : Musim Dingin, Musim Panas, Musim Gugur dan Musim Semi. Serta Musim Kemarau dan Musim Hujan.

IKLIM
Merupakan kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi dan terjadi dalam waktu yang lebih lama dari Musim dan terobservasi dalam hitungan tahun. Contoh kondisi iklim : iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang dan iklim dingin (kutub).

Sunday, January 13, 2019

Tissue di Toilet

Setidaknya ada 4 macam tissue yang senantiasa membantu manusia dalam membersihkan sesuatu, yaitu diantaranya
  1. Tissue Wajah
  2. Tissue Makan
  3. Tissue Basah
  4. Tissue Toilet

Yang disebutkan terakhir yaitu tissue toilet yang dikemas dalam bentuk gulungan. Tissue ini lebih mudah hancur saat terkena air dibandingkan 3 jenis tissue yang lainnya.

Namun jenis tissue toilet ini ini tidak selalu berada di toilet sebagai mana mestinya, namun sering kita jumpai tissue toilet ini berada di meja makan di warung-warung makan. Entah mungkin tissue toilet ini juga digunakan untuk menggantikan fungsi dari tissue wajah.

Sehingga tissue toilet tidak menjadi tissue toilet, namun menjadi tissue di toilet, karena di tempat lain kita jumpai jenis yang sama tissue tersebut di meja makan warung. Mungkin dikarenakan ketidaktahuan pembeli dan pemakai, atau mungkin juga karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan tissue yang lain.

Namun yang jelas fungsi secara praktis tissue tersebut dapat berfungsi untuk membersihkan, tinggal obyek apa yang dibersihkan, tergantung dari subyek yang pakai.

Info dari sumber yang masih perlu dicek kebenarannya, konon tissue toilet justru yang paling murni tanpa tambahan bahan kimia lain seperti pelembut, wet strength, dan dry strength, sehingga dibandingkan dengan jenis tissue yang lain, sebenarnya tissue toilet-lah yang paling murni sehingga lebih aman.

By the way, tissue toilet tidak merasa dimanfaatkan, namun memang tissue toilet bermanfaat dimana pun dia berada.


---

Chalili adalah staf biasa, terlebih jika dibandingkan dengan Azizi. Dimana Azizi adalah karyawan top secara nilai akademisi dari lulusan Universitas ternama.

Namun, Badudu sebagai bos mereka berdua lebih mempercayakan tugas penting dan mendesak kepada Chalili. Hal ini dikarenakan hasil pekerjaan Chalili yang memuaskan dan selalu dikerjakan tepat waktu sebelum deadline.

Beda halnya jika pekerjaan tersebut diberikan Badudu kepada Azizi, selain hasilnya kurang memuaskan juga hampir selalu melewati tenggang waktu yang diminta, sehingga meskipun selesai pun tidak bisa dipresentasikan.

Chalili mungkin staf biasa, namun output yang dihasilkan luar biasa.

Chalili tidak merasa dimanfaatkan, karena dia sesungguhnya karyawan yang bermanfaat.

Saturday, January 12, 2019

Escape Room

Jangan salah kaprah film Escape Room (2019) yang dirilis tahun 2019 ini dengan film yang berjudul sama, yaitu Escape Room (2017) yang dirilis tahun 2017.

Sepintas ketegangan film Escape Room mirip dengan film Final Destination dan film super tegang yang memiliki banyak seri, yaitu Saw.


Di awal film kita akan langsung diajak tegang saat Ben yang masuk di ruangan dimana ruangan termasuk menyempit. Saat Ben akan terhimpit, kemudian kita akan masuk dalam scene flashback 3 hari sebelumnya.

Zoey digambarkan remaja putri dengan otak yang cerdas, namun gagap dan gugup kurang percaya diri. Hal tersebut ditangkap oleh guru dari Zoey, yang kemudian memberinya nasihat kepada Zoey agar saat liburan Thanksgiving nanti melakukan perjalanan yang seru agar dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Zoey mempunyai pengalaman sebagai survivor atau penyintas tunggal saat pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan.

Kemudian Jason, seorang pria sukses yang sangat percaya diri dan mapan. Jason juga berhasil survive saat perahu yang ditumpangi dia dan temannya mengalami bencana, dan dalam kondisi yang sangat dingin.

Terakhir adalah Ben, pemuda yang agak kikuk yang bekerja di gudang. Ben juga seorang penyintas tunggal yang berhasil hidup dari kecelakaan mobil, dimana semua temannya yang saat kecelakaan di dalam mobil mati semua.

Ketiganya mendapatkan kotak teka-teki misterius, setelah berhasil memecahkan teka-teki muncul kertas kecil sebagai undangan mereka untuk mendapatkan mengikuti sebuah tantangan dengan hadiah sebesar $10.000.

Selain Zoey, Jason dan Ben, juga telah hadir Amanda seorang perwira militer yang mempunyai pengalaman pahit saat perang, Mike yang juga pernah selamat saat kecelakaan di tambang, dan terakhir Danny yang selamat saat semua keluarganya mati karena keracunan gas.

Keenam orang tadi harus bahu membahu agar survive dan agar bisa keluar dari kamar, dimana masing-masing kamar tersebut terdapat pengingat pengalaman masa lalu dari masing-masing penyintas.

Mulai kamar pertama yaitu ruangan oven yang mengingatkan memori Amanda. Kamar kedua rumah kayu kecil yang mengingatkan memori dari Ben.

Kamar ketiga adalah ruangan yang menyerupai halaman luar rumah yang sangat dingin, yang mengingatkan memori dari Jason.

Kamar keempat adalah ruangan bar yang terbalik, yang mengembalikan memori buruk Zoey saat kecelakaan pesawat.

Kamar kelima adalah ruangan menyerupai kamar rumah sakit, namun kemudian muncul gas beracun yang mirip kejadian yang dialami oleh Danny.

Dan kamar keenam adalah ruangan hipnotis yang menjadikan peserta tersisa mengalami halunisasi dan berbuat aneh, untuk itu mereka berebut 1 penawar yang ditemukan.

Dan kamar terakhir adalah pengingat memori Mike, yaitu ruangan yang bisa terhimpit.

Namun ternyata ketegangan tidak berhenti disitu, karena masih ada yang harus dihadapi, meskipun ketegangan sudah menurun.

Sunday, January 6, 2019

Memperbaiki Bluetooth

Selepas liburan kegiatan yang tidak kalah penting meski tidak mendesak banget adalah memindahkan foto dari HP ke komputer. Biasanya aku menggunakan yang paling simpel yaitu mencolokkan dengan kabel data atau mendownload via Mi Cloud.

Namun karena sesuatu hal aku pengen mencoba menggunakan Bluetooth.


Semula perpindahan file foto semasa liburan lancar, namun tiba-tiba setelah file ke 294, terjadi error. Bluetooth tidak bisa dipergunakan lagi sehingga perpindahan file foto juga terhenti seketika. Aku coba menekan tombol Bluetooth ke ON namun tidak bisa.

Aku coba melihat cara memperbaiki masalah tersebut dengan mencari dari google. Lalu aku menemukan bahwa cek dulu problem Bluetooth tersebut karena hardware atau software. Caranya dengan melihat statusnya.

Caranya adalah sebagai berikut
1. Dari Home screen, buka dan tekan “Settings“.
2. Pilih dan tekan “System“
3. Pilih dan tekan “About Phone“, atau “About device“, atau “About tablet“.
4. Pilih dan tekan “Status“.
5. Perhatikan baris pada “Bluetooth address”

Lalu bagaimana cara memperbaiki bluetooth address yang unavailable? Tips untuk memperbaiki bluetooth ini cukup sederhana, yaitu
1. Clear cache
2. Clear data

Cache yang tersimpan otomatis digunakan oleh sistem untuk mempermudah atau mempercepat aplikasi untuk dibuka. Namun terkadang disini juga bisa menjadi sumber masalah. Hal ini juga berlaku pada fitur data.

Saturday, January 5, 2019

Mengurus Perpanjangan SIM

Tahun 1999 adalah tahun pertama aku mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM), kemudian SIM ini harus diperpanjang setiap 5 tahun, yaitu jatuh tempo pada tahun 2004, 2009 dan 2014. Di tahun 2014 lalu ada pengalaman menarik dimana aku harus mengurus dari SIM baru dari awal karena aku lupa dan expired setelah lewat 2 minggu.

Sehingga tahun 2019 perpanjangan SIM sudah aku atur agar tidak kelewat lagi. Bahkan di bulan November akhir aku pergi ke SIM Corner Tunjungan Plaza untuk mengurus perpanjangan SIM tersebut. Namun oleh petugas diberitahukan bahwa untuk SIM dengan jatuh tempo Januari 2019 namun diurus pada bulan November / Desember 2018, maka masa berlaku akan mundur 1 tahun. Yaitu bukan 2019 - 2024, tapi tahun 2018 - 2023.

Akhirnya karena juga tidak terlalu terburu-buru, aku urungkan niatku untuk melakukan perpanjangan SIM. Tepat 14 hari sebelum jatuh tempo, aku mencoba perpanjangan SIM.



Semula aku mencoba melakukan perpanjangan SIM di SIM Corner Sun City Mall Sidoarjo, namun oleh petugas diberitahu bahwa untuk KTP Surabaya tidak bisa dilakukan di tempat tersebut, dan diarahkan agar melakukan perpanjangan SIM di Polres Sidoarjo atau di SIM Keliling Lippo Plaza.

Namun akhirnya aku lakukan perpanjangan SIM  di SIM Corner Tunjungan Plaza, Surabaya.

Sampai di Tunjungan Plaza pada pukul 12.45, berdasarkan jadwal yang tertera untuk mengurus perpanjangan SIM bisa dilakukan pada pukul 10.00 hingga pukul 20.00. Dalam kurun waktu tersebut ada 3 jam istirahat, yaitu pukul 12.00 - 13.30 dan pukul 17.00 - 18.30.

Datang pukul 12.45 memang termasuk terlambat, aku datang sudah ada antrian panjang. Antriannya cukup panjang yaitu nomor terakhir di depanku adalah nomor 197. Sambil menunggu antriannya yang cukup panjang aku gunakan waktu tersebut untuk melengkapi dokumen-dokumen perpanjangan SIM.

Dokumen yang diperlukan untuk perpanjangan SIM adalah
- KTP asli dan fotocopy
- SIM asli dan fotocopy
- Surat Keterangan Sehat dari dokter

Untuk Surat Keterangan Sehat dari dokter bisa didapatkan di dalam Tunjungan Plaza, tidak terlalu jauh dari counter SIM Corner itu sendiri. Lokasi tinggal berbalik arah dari SIM Corner lalu belok kanan lurus sedikit lalu belok kanan lagi arah pintu keluar.

Yang dicek untuk keperluan perpanjangan SIM adalah
- Tes mata / buta warna
- Tensi darah
- Tinggi badan
- Berat badan

Dikarenakan aku tidak membawa fotocopy dari KTP dan SIM, oleh petugas dibantu untuk memperbanyak. Sehingga biaya yang aku keluarkan untuk Surat Keterangan Sehat dan fotocopy tersebut adalah Rp 82.000

Kemudian aku lanjut antri lagi. Pukul 13.30 loket sudah dibuka. Antrian dari nomor 001 hingga 197 pun mengalir, hingga pada pukul 16.15 tibalah giliranku.


Pertama yang dituju adalah loket Pendaftaran. Pada loket Pendaftaran ini kita menyerahkan Surat Keterangan Sehat, KTP asli dan fotocopy, serta SIM asli dan fotocopy. KTP asli kemudian dikembalikan, sedangkan lembar lainnya dijadikan satu dengan formulir.

Dari loket Pendaftaran kemudian kita geser ke loket Pembayaran. Pertama yang dibayar adalah untuk biaya perpanjangan SIM, yaitu SIM A sebesar Rp 80.000 dan SIM C sebesar Rp 75.000, sehingga total yang dibayar di meja pertama dari loket Pembayaran adalah sebesar Rp 155.000. Kemudian kita geser ke meja kedua dari loket Pembayaran, yaitu untuk membayar asuransi sebesar Rp 30.000 untuk masing-masing SIM, sehingga total yang dibayarkan adalah sebesar Rp 60.000

Setelah itu kita diberikan formulir tersebut untuk kita isi. Disini kita perlu membawa bolpen sendiri untuk mempercepat pengisian formulir. Contoh baris apa saja yang diisi dan bagaimana cara mengisi sudah tertempel di dinding.

Setelah melakukan pengisian formulir tersebut, kumpulkan dan tumpuk formulir tersebut di loket Data Entry, setelah itu silahkan duduk untuk menunggu panggilan untuk ke loket foto. Setelah dipanggil nanti kita lakukan finger print atau sidik jari jempol, tanda tangan dan kemudian foto. Sebelum mundur dari loket foto, jangan lupa untuk memastikan data yang tertera di layar monitor agar benar-benar sesuai.

Lalu terakhir kita duduk kembali untuk menunggu SIM dicetak dan dibagikan.

Selesai.

Related Posts