Sunday, December 31, 2023

AC Indoor Samsung Menetes

Fenomena global warming bahkan sekarang menjadi global boiling, adalah menjadi normal jika ruangan membutuhkan AC untuk mengeluarkan udara sejuk dari dalamnya sehingga bisa mengatasi udara panas yang berlebih.

AC sangat rentan rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Yang sering ditemui adalah AC bocor. Penyebab indoor AC bocor yang paling umum adalah karena tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan pada AC yang disebabkan oleh adanya debu dan kotoran.

Penyebab kedua yang paling adalah karena kemiringan AC kurang tepat akibat salah instalasi saat pemasangan. Biasanya AC dipasang agak miring ke arah luar bagian belakang agar air bisa mengalir ke luar menuju saluran pembuangan. Pemasangan yang tidak benar akan membuat air merembas dan menetes keluar mesin lalu menyebabkan kebocoran karena air tidak tersalurkan keluar menuju saluran pembuangan.

AC perlu dipasang agak miring ke belakang agar air bisa mengalir ke luar menuju saluran pembuangan. Bila sudut kemiringan AC kurang tepat, air akan menetes ke luar mesin dan menyebabkan kebocoran karena air tidak bisa menuju saluran pembuangan.

Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan instalasi ulang dengan membuka unit indoor. Setelah itu, atur kembali kemiringan pada saluran pembuangan agar air dapat mengalir dengan benar.


Sumber :

https://www.merdeka.com/trending/ketahui-penyebab-ac-indoor-netes-lengkap-beserta-cara-mengatasinya-53832-mvk.html?screen=11

https://aquaelektronik.com/article/detail/361/+5+Kebiasaan+yang+Menyebabkan+AC+Bocor

https://idea.grid.id/read/092702182/saluran-pembuangan-yang-miring-bisa-buat-ac-atau-pendingin-ruangan-menetes-jangan-khawatir-ini-solusinya

Saturday, December 30, 2023

Buku Bekas Lebih Berharga daripada Buku Bajakan

Adegan film AADC saat Rangga mengajak Cinta menelusuri tumpukan buku di kawasan Kwitang cukup ikonik. Buku yang menjadi awal kisah tersebut adalah buku lawas ‘AKU’ karya sutradara Sjuman Djaya yang mengisahkan sastrawan Chairil Anwar. 

Di daerah Senen, Jakarta Pusat ini memang dikenal sebagai pasar buku baru dan bekas, dimana ratusan pedagang buku yang memenuhi setiap jengkal ruas jalan Kwitang Raya hingga Kramat Raya.

Buku bekas yang masih layak baca, selain mempunyai harga yang murah juga lebih menarik dengan adanya catatan dari poin-poin buku yang dibuat pemilik sebelumnya. Buku bekas juga menjadi pilihan karena dapat mengurangi penebangan pohon untuk pembuatan buku baru.

Dulu, toko buku bekas ramai untuk mencari buku pelajaran anak sekolah, dan mahasiswa berburu buku guna menunjang materi perkuliahannya. Selain itu juga buku jenis novel atau pengembangan diri yang punya segmen tersendiri. 

Selain di Kwitang, buku bekas juga bisa kita temui di di lantai basement Blok M Square, tepatnya di Blok E Basement Blok M Square. Basement Blok M merupakan tempat yang sangat nyaman untuk berburu buku bekas. Bagaimana tidak, tempat ini dilengkapi dengan pendingin AC sehingga terasa sejuk dan bikin betah seharian berburu buku.

Soal harga, tentu bisa diadu dengan pasar buku bekas di kota lain. Buku-buku bekas di basement Blok M dijual dengan harga yang standar, bahkan bisa jadi lebih murah jika kalian piawai dalam menawar. Basement Blok M bisa kalian kunjungi pada jam 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.


Toko buku bekas juga terdapat secara daring (dalam jaringan) atau online melalui platform e-commerce. Agar mampu bertahan di dunia buku bekas, kuncinya adalah dengan mengetahui keinginan pasar dan juga menawarkan harga murah.

Toko buku bekas, sempat berjaya di era 80-90-an, namun kini mulai terlupakan, yang tersisa sekarang tinggal segelintir pedagang dan sedikit pelanggan lama yang masih setia mengais ilmu pengetahuan di antara tumpukan buku. 


Bagi pecinta buku, buku bekas lebih berharga dibandingkan buku bajakan. Hal ini menjadi salah satu cara mendukung penulis selain membeli buku asli adalah melawan pembajakan buku. Ciri buku bajakan pertama dalah harganya jauh lebih murah, yaitu harganya bisa turun sampai 70-80 persen, lalu di deskripsi produk terdapat kata-kata reprint, repro, atau selalu tersedia.

Datang ke toko buku bekas dan pameran buku bekas seperti sedang melakukan perjalanan mencari harta karun. Yaitu saat bisa menemukan buku langka. Karena terkadang buku keluaran lama, unik dan langka, edisi pertama, antik, atau sudah tidak dicetak lagi dapat dengan mudah ditemui di toko buku bekas.

Kali ini, buku bekas menjadi objek bisnis yang belakangan ini banyak dilirik. Tips untuk buka toko buku bekas, pertama adalah menentukan target pasar yaitu genre buku apa akan dijual, apakah buku dengan bahasa Indonesia atau bahasa asing, apakah buku materi pelajaran atau komik dan novel.

Kemudian buat konten agar menarik minat masyarakat sebagai langkah pemasaran bisnis. Pilah dan pilih buku dengan memperhatikan kualitas buku agar memiliki kondisi yang baik dan layak. Jika ada kekurangan atau kerusakan tulis kondisinya sejujur mungkin baik dalam deskripsi.

Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok sebagai tempat promosi untuk toko online di marketplace toko buku bekas kita. Sehingga hal ini akan mempermudah calon pembeli untuk mendapatkan buku yang dicari.

Contoh toko buku bekas online adalah Galaksi Bookstore.

Setelah nantikan penjualan 1.000.000 pertama, lalu 10 juta pertama dan seterusnya.

Contoh toko buku bekas yang bisa datangi adalah Bookstore BIMO, atau TB BIMO yang berlokasi di Jalan Semarang No.45, Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya, East Java 60173. Toko buku BIMO menjual berbagai buku secondhand yang kamu butuhkan Pins. Lokasi dari BIMO bookstore ini ada di sebelah taman makam umum Tembok. 

Tidak jauh dari TB BIMO, juga ada Toko Buku Sumber Ayyu Abadi, Jual Beli Buku Baru dan dan Bekas berkualitas yang juga berada di Jalan Semarang Surabaya 60173 di Tembok Dukuh.



Buku :

https://www.kompas.id/baca/gaya-hidup/2021/06/21/ppasar-buku-bekas-riwayatmu-kini

https://www.alinea.id/bisnis/toko-buku-bekas-terlibas-disrupsi-dan-tantangan-literasi-b2hNw9KTP

https://plus.kapanlagi.com/7-pasar-dan-toko-buku-bekas-di-berbagai-kota-besar-jual-buku-buku-murah-tapi-berkualitas-a70f7e.html?page=8

https://rakyatbengkulu.disway.id/read/629941/helen-sapitri-43-bertahan-hidup-dengan-buku-bekas

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5286048/praktik-jual-beli-buku-bekas-alternatif-untuk-melawan-eksistensi-buku-bajakan?page=5

https://unair.ac.id/post_fetcher/fakultas-vokasi-buku-bekas-menjadi-peluang-bisnis-yang-banyak-dilirik-3/

https://www.pinhome.id/info-area/toko-buku-di-surabaya/

Monday, December 25, 2023

Cylinder Set Rem Depan

Terakhir bermasalah dengan Rem Cakram Motor Macet Mendadak adalah awal tahun lalu. Kali ini motor yang lain bermasalah pada rem namun berbeda, yaitu rem jadi blong saat ditekan. Segera periksa dan lakukan penggantian seal master remnya jika memang terbukti ada kerusakan.

Mengganti Cylinder Set Rem Depan atau sil master rem cakram merupakan solusi akhir untuk menghilangkan rem blong. Komponen sil master rem cakram di motor berfungsi sebagai pompa minyak rem menuju kaliper, jika komponen ini lemah maka pengereman tidak bekerja dengan semestinya. 

Pastikan sebelum sil karet dicopot, agar bagian sekitar terlindungi dengan cara ditutup kain lap agar tidak terkena tumpahan minyak rem. Karena minyak rem dapat merusak cat bodi motor. Seal master rem yang rusak bisa membuat kinerja piston dan remnya terganggu bahkan macet. 

Perawatan secara berkala merupakan kunci utama di balik panjangnya umur kendaraan. Pengguna kendaraan jadi faktor utamanya dan master rem bisa jadi penyebab dari minimnya perawatan.

Motor membutuhkan berbagai perawatan secara bulanan. Baik dari penggantian komponen kendaraan, oli mesin, pencucian motor, hingga penggantian minyak rem. Bila master rem sepeda motor kamu rusak, maka setidaknya servis komponen dibutuhkan. Untuk merawat master rem yang sudah terlanjur rusak diperlukan penggantian minyak rem.


Sumber :

https://www.gridoto.com/read/222306947/cara-ganti-sil-master-rem-cakram-motor-bisa-dilakukan-sendiri

https://www.gridoto.com/read/223507969/begini-ciri-ciri-seal-master-rem-motor-rusak-dan-harus-ganti-baru

Saturday, December 23, 2023

Hiduplah di Masa Sekarang

Hidup itu sederhana, kamu membuat keputusan dan jangan menyesal. Hidup itu sederhana, Anda membuat pilihan dan tidak melihat ke belakang. Selama hidup kita pasti akan selalu dihadapkan kepada kondisi dimana kita harus memilih dan membuat keputusan.

Hidup akan terasa sangat rumit. Dan dapat membuat stress jika mengingat dimana jika kita menyesal telah membuat keputusan yang menurut kita tidak tepat. Kita harus percaya bahwa keputusan yang kita anggap keliru tadi pasti ada hikmahnya. Dimana pengalaman adalah guru yang sangat berharga. Jadi hidup itu tidak boleh dibikin rumit, harus sederhana, kamu membuat keputusan dan jangan melihat kembali kebelakang dan menyesal.

Hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan memiliki konsekuensi. 

Tentu seseorang harus berani untuk mengambil dan menentukan sikap untuk memilih, yang perlu diingat adalah semua pilihan atau semua jalan pasti memiliki konsekuensinya masing-masing, tinggal bagaimana kita bisa bersikap untuk berkomitmen dengan apa yang kita pilih.

Ketika seseorang sudah menentukan pilihan dalam hidup, maka mereka juga harus siap dalam menghadapi semua resiko yang ada dalam pilihan yang mereka ambil. Bukan hanya mampu memilih tapi juga mampu menerima dan menghadapi konsekuensi atau resiko yang ada.

Adalah wajar dan normal saat manusia yang menjalani dinamika kehidupan mengalami dan merasakan stres entah apapun itu masalah yang dihadapi.

Stres ialah perubahan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru. Ketika menghadapi stres, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Kondisi ini membuat detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, serta otot menjadi tegang. 

Semua bergantung kepada mental dan cara menyikapinya.

Hidup adalah tentang perubahan terus-menerus, mulai dari perubahan rutin sehari-hari seperti pulang pergi dari rumah ke tempat kerja atau sekolah hingga beradaptasi dengan perubahan besar dalam hidup seperti ujian, pernikahan, perceraian, atau kematian orang yang dicintai. Itulah mengapa stres tidak mungkin dihindari.

Kita tidak perlu berkutat pada kehidupan masa lalu, terutama jika hal tersebut membuat kita sedih.

Hiduplah di masa sekarang.

Lupakan pula ekspektasi negatif mengenai kehidupan di masa depan. Biarlah hidup mengalir apa adanya. Jika kita menjalani masa sekarang dengan bahagia dan positif, maka itu akan berdampak pula kepada kehidupan masa depan kita sendiri.

Stres merupakan salah satu dari jenis masalah kesehatan mental, jenis kondisi yang paling umum dari kesehatan mental selain stress adalah gangguan kecemasan dan depresi.

Isu kesehatan mental menjadi isu yang hangat dibicarakan saat ini. Pasalnya seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup. Sehingga, kesehatan mental akan sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang dalam segala hal yang dikerjakan atau dilakukan.

Orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk. Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah atau produktivitas kerja. 

Oleh karenanya kita harus bisa hidup dengan ikhlas.

Kita harus memahami bahwa Tuhan adalah pemilik yang sebenar-benarnya atas segala sesuatu apapun yang kita miliki di dunia ini.  Dengan kesadaran itu, maka kita akan lebih mudah menjalani hidup. Karena kita menyadari, bahwa semua itu adalah milik Tuhan dan semua ini hanyalah titipan Tuhan semata. Dan yang namanya titipan, suatu saat nanti memang pasti akan kembali pada pemiliknya, kapan pun pemiliknya menghendaki apa yang dititipkan kembali atau mau mengambilnya dari kita, maka kita harus dengan rela memberikannya.

Inilah makna dari hidup ikhlas. 

Ikhlas dalam menjalani kehidupan yang penuh kebahagiaan dan kekayaan. Ikhlas pula tatkala kita tengah mendapatkan ujian hidup sengsara dan miskin harta. Jalanilah kesusahan sebagai pengalaman pertama. Jalani kegagalan sebagaimana itu sebagai pengalaman pertama hidup kita. Ketahuilah dan yakinlah, bahwa sesungguhnya dalam setiap cobaan berat yang Tuhan berikan untuk kita, maka ada hikmah dan pahala yang besar yang menyertainya.


Sumber :

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/atasi-stres-dengan-menjalani-hidup-pada-masa-sekarang

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-bandaaceh/baca-artikel/15309/Manajemen-Stres-Hidup-Sehat-dengan-Stres.html

https://piaud.fitk.uin-malang.ac.id/kepastian-hidup-itu-bernama-stres/

https://www.ui.ac.id/pentingnya-mengelola-stres-untuk-meningkatkan-kualitas-hidup/

https://kemahasiswaan.itb.ac.id/bk/front/artikel/19

https://kariranak.com/pilihan-dan-konsekuensi/

Thursday, December 14, 2023

Memacu, jangan Memicu

Apa yang memicu perasaan emosi kita, jangan sampai merugikan kita, tapi jadikan lah hal tersebut untuk memacu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih menarik.

Seorang pemimpin hendaknya bisa memacu karyawan dan bawahannya dengan motivasi yang baik. Hal ini juga menjadi syarat bagi pemimpin yang baik. Selain seorang pemimpin harus bisa menjadi motivator, pemimpin juga harus bisa memberikan arahan dan bimbingan, serta menyemangati anak buahnya agar bisa mendongkrak kinerja.

Motivasi merupakan dinamika alur di mana kepentingan-kepentingan mendorong seseorang untuk bergerak dalam kegiatan yang berpusat pada tercapainya tujuan yang diharapkan. Motivasi dapat dikatakan sebagai sebuah dorongan atau dukungan baik melalui faktor eksternal atau faktor internal.

Seorang pemimpin hanya mungkin berhasil dan efektif menjalankan tugas dan tanggung jawabnya apabila mampu mengelola motivasi dari semua karyawan atau pengikutnya. Ketidakmampuan seorang pemimpin untuk mengelola motivasi karyawannya menjadi sumber banyak permasalahan yang berdampak tidak efektifnya pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi. 

Kualitas pemimpin akan tercermin dari kemampuannya untuk memahami dengan benar motivasi setiap orang yang dipimpinnya.

Keterampilan motivasi adalah kualitas yang dapat digunakan para pemimpin untuk menginspirasi dan memberdayakan anggota tim mereka agar berhasil. Pemimpin dapat menggunakan keterampilan ini untuk membantu anggotanya baik dalam meningkatkan semangat, meningkatkan produktivitas ataupun menciptakan suasana kerja yang positif.

Fokuslah pada hal-hal yang memacu kebaikan.

Dan hindarilah yang memicu hal-hal keburukan. Salah satunya di dalam perusahaan adalah Toxic employee atau karyawan toxic.

Karyawan toxic adalah sebutan bagi karyawan yang memberikan efek buruk di lingkungan kerja. Sekilas terlihat seperti karyawan pada umumnya, namun nyatanya ia seringkali melakukan berbagai cara demi kepentingan pribadinya tanpa menghiraukan dampaknya bagi orang lain.

Karyawan toxic adalah karyawan yang sering merugikan dan menyulitkan orang-orang di sekitarnya. Mereka senang untuk memberikan energi negatif dan rasa tidak bahagia.

Efek perilaku ini seperti sebuah virus yang menginfeksi. Dapat menular dan menjangkiti orang lain. Biasanya mereka terkenal dengan istilah “biang onar” yang membuat staff lainnya merasa tidak nyaman, jengkel, marah, kesal, menghambat kinerja dan menguras energi.

Kehadiran karyawan toxic akan membuat suasana kerja menjadi tidak kondusif dan memecah tim yang tadinya solid menjadi berkubu-kubu.

Tipe karyawan toxic di antaranya sering mengeluh, bergosip, dan menyalahkan orang lain atas kesalahan dirinya. Bahkan tidak jarang mereka mengadu domba rekan kerjanya sendiri hanya karena tidak suka.

Hal ini dapat menciptakan suasana permusuhan atau suasana negatif yang menyulitkan orang lain untuk melakukan pekerjaan mereka. Dalam beberapa kasus, karyawan beracun mungkin perlu dikeluarkan dari tempat kerja untuk melindungi kesejahteraan mental dan emosional rekan kerja mereka.

Tidak hanya karyawan toxic, juga ada teman toxic.

Teman toxic dapat diartikan sebagai teman atau bahkan sahabat yang memberikan pengaruh negatif pada kehidupanmu.

Teman toxic ibarat racun dalam pertemananmu. Bukannya mendukungmu untuk hal yang positif seperti normalnya seorang sahabat, toxic friend akan menghalangimu berkembang dan membuatmu rendah diri, anxious dan takut, hingga trauma jika situasi sudah serius.

Toxic friendship bisa menyebabkan kamu mengalami stres. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda toxic friendship, seperti misalnya perilaku teman yang kerap merendahkan hingga ingin selalu menjadi pusat perhatian.

Teman toxic kerap mengeluarkan ucapan sarkas yang merugikan kita, mengatakan hal buruk soal kita di depan orang lain dan tidak menganggap serius perilaku itu.

Jenis toxic friend yang juga harus dijauhi adalah orang yang selalu iri tiap kali kita berbagi hal positif atau pencapaian dalam hidup. Mereka bisa saja membuat pencapaian kita tidak berarti dengan sikap, respon maupun kata-katanya.

Itulah teman toxic yang perlu kita kasih red flag dalam hubungan pertemanan, ada baiknya evaluasi dan jangan merasa sungkan untuk bersikap tegas atau memutuskan untuk menyudahi pertemanan.

Monday, December 4, 2023

Pipe Cleaner

Setelah mencoba 3-4 kali menggunakan soda api, ternyata gagal, selokan air masih mampet. Artinya solusi untuk melancarkan saluran ait selokan harus menggunakan cara lain. Setelah meng-google ketemu 1 cara yang perlu dicoba, yaitu menggunakan pipe cleaner

Sebelum menggunakan pipe cleaner, aku juga mencoba menggunakan alat penyedot kloset. Caranya mudah, setelah lepas saringan di saluran air, lalu tempelkan mulut karet plunger ke saluran. Bila karet sudah menempel dengan baik, lakukan penyedotan secara maksimal. Tekan alat secara berkala hingga kotoran yang menumpuk keluar dari saluran air. Buang dan bersihkan kotoran tersebut supaya tak terjadi penyumbatan lagi. Namun ternyata selokan masih mampet.

Pipe Cleaner merupakan cara terakhir yang aku pakai untuk mengatasi saluran air yang tersumbat. Alat ini diciptakan khusus untuk melancarkan selokan yang mampet. Kita bisa memilih alat yang bisa diputar manual yang tentunya memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan menggunakan tenaga mesin. 

Caranya cukup mudah, dan cukup banyak tutorial yang bisa kita lihat di video youtube. Pertama-tama masukkan pipe cleaner atau kawat kedalam saluran kemudian putar pipanya dengan memutar gagang pipa, setelah dirasa sudah cukup lalu tarik kembali kawat. Dan lihat hasil kotoran yang didapatkan.

Setelah mennggunakan 4-5 kali dari selokan dari arah dalam kamar mandi, lalu dilanjutkan lagi menggunakan 4-5 kali lagi dari pipa selokan luar rumah, akhirnya semua kotoran dalam pipa selokan bisa dikeluarkan semua.

Dan akhirnya air bisa keluar dengan lancar kembali.

Alhamdulillah.


Saturday, December 2, 2023

Soda Api (2)

Setelah hampir 1 tahun lebih sesudah pertama kali menggunakan soda api untuk melancarkan saluran air di selokan dalam rumah, ternyata kali ini ngadat lagi. Mampet lagi. Langsung saja aku pergi ke toko bangunan terdekat untuk membeli soda api alias Sodium Hidroksida (NaOH).

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet cukup mudah, namun kita tetap harus hati-hati, karena soda api merupakan senyawa yang bersifat korosif, bisa memicu panas dan dapat menyalakan bahan yang mudah terbakar. Bahkan paparan soda api juga bisa memicu kulit terbakar dan menyebabkan kerusakan organ jika tertelan.

Untuk itu pertama-tama kita harus memastikan ruangan aman dan sebaiknya tempat tersebut merupakan ruangan terbuka. Dan pastikan juga jauh dari jangkauan anak dan hewan peliharaan.

Kemudian berikutnya yang perlu diperhatikan adalah gunakan alat pelindung, seperti sarung tangan, kacamata, dan masker.

Lalu langkah selanjutnya adalah larutkan 750 mililiter soda api dengan sekitar 3 liter air dingin. Gunakan wadah yang tak biasa digunakan untuk memasak. Aduk hingga rata menggunakan spatula kayu, jangan menggunakan tangan. Saat soda api tercampur dengan air, maka akan muncul suara desis dan uap panas.

Masukkan larutan ke dalam saluran, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, siram saluran dengan air mendidih.

Selamat mencoba.


Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231115210639-284-1024811/cara-menggunakan-soda-api-untuk-saluran-mampet-jangan-sembarangan.

Oppenheimer

Pada tahun 1926, mahasiswa doktoral berusia 22 tahun J. Robert Oppenheimer cemas dan gelisah saat belajar di bawah bimbingan fisikawan eksperimental Patrick Blackett di Laboratorium Cavendish di Cambridge. 

Kesal dengan Blackett, Oppenheimer meninggalkan sebuah apel beracun, tapi kemudian mengambilnya kembali, saat terdapat ilmuwan tamu Niels Bohr yang akan makan apel tersebut, Bohr merekomendasikan agar Oppenheimer mempelajari fisika teoretis di Göttingen.

Oppenheimer menyelesaikan PhD di sana dan bertemu dengan sesama ilmuwan Isidor Isaac Rabi. Mereka kemudian bertemu dengan fisikawan teoretis Werner Heisenberg di Swiss. Oppenheimer ingin memperluas penelitian fisika kuantum di Amerika Serikat, dia lalu mulai mengajar di Universitas California, Berkeley, dan Institut Teknologi California. 

Lalu Oppenheimer menikah dengan Katherine "Kitty" Puening, seorang ahli biologi dan mantan komunis. Namun Oppenheimer malah berselingkuh dengan Jean Tatlock, seorang anggota Partai Komunis AS yang bermasalah yang kemudian melakukan bunuh diri.

Pada bulan Desember 1938, fisi nuklir ditemukan, yang menurut Oppenheimer dapat dijadikan senjata. Pada tahun 1942, selama Perang Dunia II, Jenderal Angkatan Darat AS Leslie Groves merekrut Oppenheimer untuk memimpin Proyek Manhattan dalam rangka mengembangkan bom atom. Oppenheimer, seorang Yahudi, terutama didorong oleh potensi Nazi menyelesaikan program senjata nuklir mereka, yang dipimpin oleh Heisenberg.

Oppenheimer membentuk tim ilmiah termasuk Rabi dan Edward Teller di Los Alamos, New Mexico, dan juga berkolaborasi dengan ilmuwan Enrico Fermi, Leo Szilard dan David L. Hill di Universitas Chicago. Perhitungan Teller mengungkapkan bahwa ledakan atom mungkin dapat memicu reaksi berantai yang dahsyat yang membakar atmosfer dan menghancurkan dunia. 

Setelah berkonsultasi dengan Albert Einstein, Oppenheimer menyimpulkan kemungkinannya sangat kecil. Usulan Teller untuk membuat bom hidrogen dengan cepat ditolak. Dia mencoba untuk meninggalkan proyek tersebut, meskipun Oppenheimer meyakinkan dia untuk tetap tinggal.

Setelah kematian Adolf Hitler pada tahun 1945, beberapa ilmuwan Proyek mempertanyakan relevansi bom tersebut, sementara Oppenheimer yakin bom tersebut akan mengakhiri perang yang sedang berlangsung di Pasifik dan menyelamatkan nyawa Sekutu. 

Tes Trinity berhasil, dan Presiden Harry S. Truman memerintahkan pemboman Hiroshima dan Nagasaki, memaksa Jepang menyerah. Meskipun dipuji secara terbuka, Oppenheimer dihantui oleh kehancuran massal dan korban jiwa, dan mendesak untuk membatasi pengembangan senjata nuklir lebih lanjut, yang ditolak mentah-mentah oleh Truman.

Sebagai penasihat Komisi Energi Atom Amerika Serikat (AEC), pendirian Oppenheimer menimbulkan kontroversi, sementara bom hidrogen Teller mendapat perhatian baru di tengah berkembangnya Perang Dingin. 

Ketua AEC Lewis Strauss membenci Oppenheimer karena telah mempermalukannya di depan umum dengan mengabaikan kekhawatirannya mengenai ekspor radioisotop, dan karena merekomendasikan negosiasi dengan Uni Soviet setelah mereka berhasil meledakkan bom mereka sendiri. Dia juga percaya bahwa Oppenheimer merendahkannya selama percakapan Oppenheimer dengan Einstein pada tahun 1947.

Pada tahun 1954, ingin menghilangkan pengaruh politik Oppenheimer, Strauss diam-diam mengatur sidang pribadi di hadapan Dewan Keamanan Personalia mengenai izin Q Oppenheimer. Namun, menjadi jelas bahwa sidang tersebut memiliki hasil yang telah ditentukan. Ikatan komunis Oppenheimer di masa lalu dieksploitasi, dan kesaksian Groves serta rekan lainnya diputarbalikkan untuk melawannya.

Teller bersaksi bahwa dia kurang percaya pada Oppenheimer dan merekomendasikan pencabutan. Dewan tersebut mencabut izin Oppenheimer, sehingga merusak citra publiknya dan membatasi pengaruhnya terhadap kebijakan nuklir. 

Pada tahun 1959, selama sidang konfirmasi Senat Strauss untuk Menteri Perdagangan, Hill bersaksi tentang motif pribadi Strauss dalam merekayasa kejatuhan Oppenheimer, sehingga Senat memberikan suara menentang pencalonannya.

Pada tahun 1963, Presiden Lyndon B. Johnson menghadiahkan Oppenheimer Penghargaan Enrico Fermi sebagai tanda rehabilitasi politik. Sebuah kilas balik mengungkapkan bahwa percakapan Oppenheimer dan Einstein pada tahun 1947 tidak pernah menyebut Strauss. Oppenheimer malah mengungkapkan keyakinannya yang suram bahwa ia memang memulai reaksi berantai yang akan menghancurkan dunia.


Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Oppenheimer_(film)

Friday, December 1, 2023

Sertifikat Elektronik

Setelah Mengurus PKP berikutnya yang diperhatikan adalah masa berlaku dari Sertifikat Elektronik yang kita dapat. Masa berlaku sertifikat elektronik adalah 2 tahun sejak tanggal sertifikat elektronik diberikan oleh DJP. 

Jadi setiap 2 tahun sekali wajib pajak perlu melakukan perpanjangan masa berlaku sertifikat elektronik.

Pengusaha Kena Pajak (PKP) wajib memperpanjang  ketika masa berlakunya sudah habis. Hal tersebut dilakukan agar PKP tetap dapat menggunakan e-Faktur. Faktur Pajak Elektronik atau e-Faktur Pajak merupakan faktur pajak yang dibuat melalui sebuah aplikasi elektronik. Perusahaan dapat install e-Faktur pada komputer dan akan secara otomatis menghubungkan e-Faktur dengan program e-SPT, pembuatan SPT Masa PPN pun akan lebih mudah.


Cara memperpanjang Sertifikat Elektronik cukup mudah.

Pertama kita harus mengisi Formulir Permintaan Sertifikat Elektronik. Kedua siapkan fotocopy KTP dan fotocopy NPWP masing-masing pengurus. Lalu yang ketiga adalah siapkan juga fotocopy akta pendirian Perusahaan atau PT.

Jangan lupa untuk menyiapkan passphrase sebanyak 8 digit, agar nanti tidak bingung untuk mengisinya.

Setelah ketiganya sudah siap, segera ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai dengan penunjukkan tempat usaha kita berada. Tidak sampai 1 jam termasuk menunggu antrian, proses perpanjangan Sertifikat Elektronik selesai.

Belum selesai sampai disini. Selanjutnya kita perlu menginstal Sertifikat Elektronik yang baru, adapun langkah-langkah mendapatkan dan cara menginstall Digital Certificate adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kita telah mendapatkan pemberitahuan dari KPP melalui email sebagai konfirmasi bahwa permohonan permintaan Sertifikat Elektronik sudah disetujui oleh KPP.
  2. Masuk ke situs e-Nofa yaitu di http://efaktur.pajak.go.id lalu login menggunakan kode aktivasi dan password yang diberikan oleh DJP;
  3. Pilih halaman “Download Sertifikat Digital” lalu klik tombol “Unduh”;
  4. Pilih folder penyimpanan file sertifikat pajak di PC/laptop;
  5. Klik dua kali pada file yang sudah disimpan untuk mengeksekusi dan memulai proses instalasi ke perangkat yang digunakan untuk mengakses aplikasi e-Faktur Klikpajak;
  6. Sistem akan menampilkan layar Certificate Import Wizard dan ikuti langkah-langkahnya.
  7. Selanjutnya, Perusahaan harus mengimpor Sertifikat Elektronik yang diperoleh ke browser yang digunakan untuk mengakses situs e-NOFA.
Sudah selesai? Belum. Langkah terakhir kita perlu melakukan import Sertifikat Elektronik di e Faktur ke browser yaitu sebagai berikut :

Browser Chrome
  1. Masuk ke menu “Pengaturan/Settings“, yang terletak pada kanan atas layar;
  2. Scroll ke bawah lalu klik “More”, pilih “Kelola Sertifikat/Manage Certificates”;
  3. Selanjutnya, klik “Import” dan ikuti langkah-langkahnya.
Jika masih bingung, silahkan klik video youtube berikut:


Jika menggunakan Browser Firefox caranya sebagai berikut:
  1. Klik tombol “Pilihan/Options“, yang berada pada menu kanan atas layar;
  2. Pilih tab “Privacy & Security” lalu klik “View Certificates“;
  3. Selanjutnya, klik “Import” pada tab “Your Certificates” dan ikuti langkah-langkahnya.



Sumber :
https://sippn.menpan.go.id/berita/32035/kantor-pelayanan-pajak-pratama-kupang/mengenal-sertifikat-elektronik-pajak-apa-fungsinya
https://www.online-pajak.com/tentang-ppn-efaktur/cara-memperpanjang-sertifikat-elektronik-e-faktur
https://www.hipajak.id/artikel-pengertian-dan-langkah-buat-e-faktur-
https://aguspajak.com/2018/01/10/mendapatkan-sertifikat-elektronik-di-kantor-pajak/
https://klikpajak.id/blog/cara-install-sertifikat-elektronik-pajak/
https://klikpajak.id/blog/status-aplikasi-e-faktur-desktop-belum-teregistrasi-ini-cara-mengatasi/

Related Posts