Sunday, August 28, 2022

Soda Api

Selokan rumah mampet, sehingga saat membuang air menyebabkan airnya tidak lancar dan cenderung buntu masuk ke got depan rumah. Untuk mengatasinya aku coba membersihkan dengan selang panjang. 

Ternyata gagal.

Lalu aku coba lagi dengan menggunakan soda api atau Sodium Hidroksida (NaOH) yang merupakan bahan umum dalam produk pembersih dan mungkin paling dikenal sebagai bahan kimia pembersih saluran pipa.

Soda api jika bersentuhan dengan air saat dalam keadaan padat akan menghasilkan panas yang cukup untuk menyalakan bahan yang mudah terbakar. Sehingga dapat mengubah lemak yang sering menyumbat pipa menjadi zat seperti sabun yang larut dalam air dengan cara soda api dapat mengubah lemak keras dan penumpukan lemak pada saluran pipa.

Agar aman dalam pemakaiannya, pastikan untuk menggunakan APD untuk melindungi diri mulai dengan pelindung mata, masker, dan sarung tangan untuk mencegah terpapar percikan dan asap soda api.

Terdapat efek berbahaya dari natrium hidroksida jika terkena kontak langsung, dalam konsentrasi sangat tinggi soda api dapat menyebabkan luka bakar parah pada mata, kulit, sistem pencernaan atau paru-paru, mengakibatkan kerusakan permanen atau kematian. 

Jika kontak dengan kulit dalam waktu lama atau berulang dapat menyebabkan dermatitis, dan jika menghirup uap natrium hidroksida berulang kali dapat menyebabkan kerusakan paru-paru permanen.


Sumber :

https://www.rumah.com/panduan-properti/soda-api-49017

https://www.orami.co.id/magazine/soda-api

No comments:

Post a Comment

Related Posts