Saturday, May 22, 2021

Head Cleaning tanpa Komputer atau Laptop

Biasanya, saat mencetak dengan menggunakan Printer Epson terjadi error sehingga mengharuskan Reset Printer Epson secara Manual. Indikasi atau tanda error tersebut adalah Indikator Tinta Printer Epson Menyala.

Namun problem siang ini berbeda.

Printer bisa dinyalakan, namun hasilnya kurang sempurna. Terlihat ada beberapa jalur atau garis atau kolom yang tidak terisi tinta yang seharusnya. Kemungkinan Head Printer Epson L120 ini kotor, sehingga perlu dilakukan Head Cleaning terlebih dahulu.

Namun setelah aku cari-cari menu Head Cleaning di laptop untuk Printer Epson L120 tidak ditemukan. Lalu aku coba cari tutorial cara Head Cleaning tanpa komputer atau tanpa laptop. Tapi langsung pencet saja tombol yang ada di printer Epson L120.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa pada printer Epson L120 hanya terdapat 2 tombol, yaitu "Power Button" di sebelah kiri dan di sebelah kanan adalah "Cancel Button". 

Cara "Head Cleaning" pada printer Epson L120 adalah setelah Printer hidup, tekan dan tahan tombol "Cancel Button" hingga lampu indikator Power berkedip mati, lalu menyala kembali. Setelah menyala kembali tersebut lepas tombol tersebut. 

Setelah proses Head Cleaning selesai, lalu lakukan Test Print Manual. 

Untuk melakukan Test Print Manual juga bisa dilakukan tanpa komputer atau laptop. Caranya juga cukup sederhana. Pertama, dalam kondisi printer mati, tekan dan tahan "Cancel Button", lalu setelah beberapa saat tekan "Power Button", setelah lampu menyala, lalu lepas kedua tombol tersebut.


Sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=QtqwysPeXZs
https://www.youtube.com/watch?v=snKPtvP66BA

No comments:

Post a Comment

Related Posts