Friday, May 21, 2021

Bobby Fischer

Selain Mikhail Moiseyevich Botvinnik dan Mikhail Nekhemievich Tal, pecatur hebat dan jenius lainnya yang aku kagumi adalah Robert James "Bobby" Fischer.

Bobby Fischer lahir di Chicago, Amerika Serikat pada tanggal 9 Maret 1943 adalah pemain catur kelahiran Amerika Serikat dan menjadi satu-satunya pecatur kelahiran AS yang pernah menjadi Juara Catur Dunia (1972-1975). 

Bakat Bobby Fischer sudah terlihat sejak masih anak-anak, yang memiliki impian menjadi seorang master catur dunia. Dia memenangkan Kejuaraan AS (US Championship), dan telah mencapai satu-satunya nilai sempurna dalam sejarah.

Kisah Fischer dijadikan film dalam judul layar lebar Pawn Sacrifice yang dimainkan sangat apik oleh Tobey Maguire. Film ini merupakan biographical docudrama seorang Grandmaster Chess, Bobby Fischer.

Kisahnya memuncak saat tepat di puncak Perang Dingin, Fischer terjebak perselisihan Amerika dan Soviet dalam sebuah kejuaraan yang mencekam setelah ia menantang Boris Spassky, master catur asal Rusia.

Pertarungan kedua pecatur terbaik masing-masing negara tersebut diberi tajuk The Match of the Century di Reykjavik.

Film Pawn Sacrifice juga membahas sisi lain Bobby Fischer yang terkesan arogan, sombong dan besar kepalanya Bobby Fischer dan ketidaksukaannya terhadap Rusia, komunis dan yahudi. Namun tidak seperti yang Fischer harapkan, ia merasa dicurangi oleh federasi Rusia pada suatu turnamen dan mengatakan ia tidak akan bermain catur lagi. 

Lalu, Fischer bertemu seorang lawyer Paul Marshall yang mampu menjaminnya jika ia mau kembali ke dunia catur, Fischer didampingi mentornya Bill Lombardy, sekali lagi maju melawan Soviet, dan bertemu Spassky.

Fischer mudah terganggu konsentasinya, dan menjadi emosional, sifat paranoidnya hingga membongkar telepon di kamar hotel karena khawatir disadap.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Bobby_Fischer

https://ratingeverywhere.com/review-pawn-sacrifice-2015/

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2242508/catur-dan-perang-dingin-berpadu-di-trailer-pawn-sacrifice

https://style.tribunnews.com/2016/10/10/sinopsis-film-pawn-sacrifice-1972-tercatat-sebagai-tahun-pertarungan-catur-terhebat-sepanjang-masa?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts