Saturday, April 17, 2021

Mikhail Tal

Sebelumnya kita telah membahas Mikhail Moiseyevich Botvinnik, sang pecatur dari Uni Soviet yang memegang gelar Juara Catur Dunia pada 3x periode yaitu:

  • Tahun 1948–1957
  • Tahun 1958–1960
  • Tahun 1961–1963

Diantara periode tersebut, yaitu pada tahun 1960–1961, gelar Juara Catur Dunia sempat dipegang oleh Mikhail Nekhemievich Tal, yang lahir pada 9 November 1936 lalu, di Kota Riga, Republik Latvia. Mikhail Tal dinobatkan sebagai juara catur dunia yang kedelapan saat masih berusia 23 tahun.

Tal mencatatkan rekor dunia sebagai pecatur yang tidak terkalahkan terpanjang secara beruntun. Dari 23 Oktober 1973 hingga 16 Oktober 1974, ia berhasil memainkan 95 partai tanpa kekalahan. Tal tercatat telah bermain sebanyak 2.854 laga, dari tahun 1949 hingga 1992. Kalau dihitung, Elo rating-nya menyentuh poin 2.700.

Tal, yang belajar bermain catur pada usia enam tahun, dikenal karena gerakannya yang rumit dan berani. Sehingga Mikhail Tal dikenal sebagai "Misha" atau "The magician from Riga" atau "Penyihir dari Riga" karena gaya taktisnya yang unik tersebut. 

Pola dasar Mikhail Tal adalah menyerang, mengembangkan gaya permainan yang sangat kuat dan imajinatif. Tal sering mengorbankan perwira caturnya untuk mencari inisiatif, yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk membuat ancaman yang harus ditanggapi lawan. 

Dengan pengorbanan intuitif seperti itu, ia menciptakan komplikasi yang luas, dan banyak master merasa tidak mungkin untuk menyelesaikan semua masalah yang ia buat di atas papan, meskipun analisis pasca-permainan yang lebih dalam menemukan kekurangan dalam beberapa konsepsinya. 

Saat game keenam dari pertandingan kejuaraan dunia pertamanya dengan Botvinnik, Tal mengorbankan ksatria dengan sedikit kompensasi tetapi menang ketika Botvinnik gagal menemukan respons yang benar. 

Benar bahwa Tal adalah juara dunia untuk "hanya" satu tahun, tetapi menjadi pemain hebat lebih lama dari itu. Seorang pemain luar biasa dengan kepribadian yang lebih besar dari kehidupan, Tal pasti tidak akan pernah dilupakan.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kejuaraan_Catur_Dunia

https://www.chess.com/players/mikhail-tal

https://en.wikipedia.org/wiki/Mikhail_Tal

https://id.wikipedia.org/wiki/Mikhail_Tal

https://worldchesshof.org/hof-inductee/mikhail-tal

https://www.britannica.com/biography/Mikhail-Nekhemyevich-Tal

https://www.kompasiana.com/kitarakyatjelata/605b0edc8ede487dd9495422/belajar-gila-ala-mikhail-tal-sang-penyihir-dari-riga?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts