Saturday, March 13, 2021

Botvinnik

Saat ini belajar catur otodidak sangat mudah dengan aplikasi atau website Chess.com , berbeda di jaman dulu, kita belajar dengan menggunakan buku pertandingan catur antar pecatur dengan ELO yang tinggi.


tokopedia.com/pick-a-bookstore/mikhail-botvinnik-sixth-world-chess-champion


Salah satunya adalah pecatur dari Rusia atau Uni Soviet, yaitu Mikhail Botvinnik atau Mikhail Moiseyevich Botvinnik. Botvinnik adalah Grandmaster Internasional Rusia dan lama memegang gelar Juara catur dunia.

Botvinnik adalah pendiri The Soviet School of Chess yang memunculkan pecatur-pecatur hebat seperti Anatoly Karpov, Garry Kasparov dan Vladimir Kramnik. Sejak berumur 10 tahun, Kasparov mulai berlatih di Sekolah Catur Mikhail Botvinnik di bawah bimbingan Vladimir Makogonov. Garry Kasparov adalah pemain catur yang mempunyai gelar Grand Master yang menjadi juara dunia termuda pada tahun 1985, ketika berusia 22 tahun.

Mikhail Botvinnik mencuat dalam dunia catur pada usia 14 tahun ketika ia mengalahkan juara dunia, José Raúl Capablanca, dalam sebuah pertandingan eksibisi simultan.

GM Mikhail Botvinnik juga dikenal sebagai Bapak teori catur moderen. Quote Botvinnik "Knight end game are Pawn end game.", yang kemudian dikenal sebagai teori catur sebagai Botvinnik Formula. 


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Mikhail_Botvinnik
https://www.kompasiana.com/kiflitunasly/54f85fc7a33311ea7d8b4725/catatan-catur-botvinnik-formula
https://internasional.kompas.com/read/2018/04/13/17000031/biografi-tokoh-dunia--garry-kasparov-legenda-catur-uni-soviet?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts