Thursday, March 18, 2021

Chess.com

Aplikasi Chess.com adalah platform diskusi dan laman penyedia pertandingan catur secara online. Chess.com juga merupakan situs jejaring sosial, server catur dan forum internet. Situs ini memiliki beberapa fitur yang tersedia secara gratis, serta fitur lainnya khusus untuk akun yang berlangganan. Di dalam Chess.com pemain bisa bermain melawan Artificial Intelligence atau AI, analisis komputer, teka-teki catur, dan pembelajaran permainan catur.

Domain Chess.com dikembangkan oleh Aficionado pada tahun 1995 dengan nama Chess Mentor, Aficionado sendiri merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Berkeley, California. Pada tahun 2005, Erik Allebest dan rekannya Jarom Severson membeli Chess Mentor dan membuat tim untuk memulihkan situs tersebut sebagai platform bermain catur.

Dua tahun berselang, tahun 2007 Chess Mentor diluncurkan dengan nama baru Chess.com. Satu dekade lebih berselang, Chess.com jadi portal permainan catur online paling populer di dunia, tercatat sebanyak 60 juta lebih akun yang terdaftar di Chess.com hingga saat ini.

Dari Chess.com munculah konflik Dewa Kipas vs GothamChess.

Akhirnya Dewa Kipas vs GothamChess masuk ke meja podcast YouTuber Deddy Corbuzier. Deddy mengundang Levy Rozman, pemilik akun GothamChess untuk berbicara di podcast perihal pertandingan catur yang menghebohkan tersebut.

Deddy juga mengundang WGM Irene Kharisma Sukandar. Di podcast Deddy sebelumnya juga sudah ditampilkan Dadang Subur sebagai pemilik akun Dewa Kipas.

Dari podcast tersebut GothamChess menjelaskan bahwa dia setiap hari melakukan streaming di Chess.com sekaligus membuat konten untuk kanal YouTube-nya dengan memilih waktu bermain 10 menit untuk melawan pemain yang tidak memiliki gelar seperti Grandmaster atau Internasional Master tetapi memiliki peringkat tinggi.

Disana Rozman tidak secara langsung mengatakan akun Dewa Kipas melakukan tindakan curang, tapi tidak ada juara dunia yang bisa melakukan permainan dengan akurasi stabil antara 97-98 hingga 27 kali berturut-turut seperti itu. Hikaru Nakamura yang merupakan Grandmaster terbaik bisa melakukan itu.

Levy Rozman juga menjelaskan bahwa cukup mudah untuk melakukan kecurangan dan ia setidaknya menemukan pemain curang seminggu satu kali di akunnya. Rozman pun memberi tahu cara curang yang paling gampang dalam Chess.com, yang perlu disiapkan adalah dua device, satu untuk bermain dengan lawan, satunya lagi bermain dengan robot atau sredder.

Nantinya pemain tinggal mengikuti langkah lawan main saat bermain dengan robot dan mengikuti langkah robot saat bermain dengan lawan. Pemain bisa melakukan ini, namun konsekuensinya akun akan ditutup sebab pihak Chess.com bisa mengetahui itu dari analisis algoritma tersebut.


Sumber :

https://sport.tempo.co/read/1443843/kronologi-dewa-kipas-vs-gothamchess-begini-versi-levy-rozman/full&view=ok

https://sport.tempo.co/read/1444395/apa-itu-chess-com-yang-heboh-karena-tanding-catur-dewa-kipas-vs-gothamchess/full&view=ok

No comments:

Post a Comment

Related Posts