Friday, March 5, 2021

Dewa Kipas vs GothamChess

Dunia catur tidak selebar kotak 8x8 saja, saat ini kotak catur sedang ramai dan viral. Adalah akun Dewa Kipas vs GothamChess di chess.com website catur online yang juga disiarkan secara langsung melalui layanan streaming online, Twitch, pada tanggal 2 Maret 2021.

Akun Dewa Kipas dalam chess.com tersebut memiliki ELO 2.300, sedangkan akun GothamChess adalah milik Levy Rozman dengan ELO 2.400.

Levy Rozman, pemain catur asal Amerika Serikat, menyandang gelar International Master (IM) catur dari FIDE (Organisasi Induk Catur Dunia). Gelar IM sendiri adalah gelar tertinggi kedua yang diberikan kepada pemain catur pria, di bawah gelar Grandmaster (GM).

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Dewa Kipas, setelah pertandingan selama 10 menit. Kekalahan GothamChess tersebut dikarenakan terdapat kesalahan sehingga mati langkah hingga akhirnya kalah. Namun kemenangan Dewa Kipas tersebut kemudian berujung diblokir dan di-banned karena tuduhan curang.

Beberapa alasan yang mendorong kecurigaan Dewa Kipas menggunakan cheat adalah sebagai berikut:

  1. Catatan rekor Dewa Kipas mencatatkan tingkat akurasi mencapai 95 persen, yang merupakan suatu tingkatan yang agak mustahil bisa dicapai manusia.
  2. Dewa Kipas hanya butuh waktu sekitar 3 pekan dari awal hingga mencapai 2.300 ELO yang dinilai terlalu cepat bagi ukuran manusia. 
  3. Dewa Kipas sering kali kalah saat masih di tahap 1.400 ELO sebelum kemudian menang terus menerus.
  4. Ranking Dewa Kipas sangat buruk di mode Puzzle.

Dari pihak chess.com juga menjelaskan sebagai berikut : “Algoritma dan tim ahli kami meninjau lusinan game dan ratusan gerakan untuk menentukan temuan kami, dan tidak ada apa pun tentang penutupan yang dibuat dengan tergesa-gesa atau tanpa melalui proses peninjauan standar, teruji, dan sangat menyeluruh kami,” kata Director of Fair Play Chess.com, Sean Arn.

Semoga perseteruan Dewa Kipas vs GothamChess  bisa berakhir damai.


Sumber :

https://www.suaramerdeka.com/sport/cabang-olahraga/256484-viral-dadang-dewa-kipas-kalahkan-master-catur-online?page=all

https://id.berita.yahoo.com/dadang-dewa-kipas-klarifikasi-soal-024726556.html

https://www.esportsasia.com/viral-dewa-kipas-yang-mengalahkan-gothamchess-seorang-master-internasional-catur-dalam-duel-online

https://www.ussfeed.com/dewa-kipas-diblokir-dari-chess-com-karena-alasan-ini/

No comments:

Post a Comment

Related Posts