Tuesday, March 9, 2021

ELO

Laga Dewa Kipas vs GothamChess sedang ramai. Pertandingan catur seru yang mempertemukan 2 orang dengan nilai ELO rating yang cukup tinggi. Namun, apakah ELO itu? Dan bagaimana cara menghitungnya?

ELO adalah sistem rating yang menggambarkan kemampuan seseorang dalam memainkan permainan catur. Metodenya menggunakan formula berbasis zero-sum. Elo berasal dari nama pencipta sistem, Árpád Élő (1903-1992), ahli fisika Amerika Serikat kelahiran Hungaria.


coorpacademy.com/en/blog/learning-innovation-en/elo-whos-the-best/

Rating tersebut dibagi menjadi 2, yaitu internasional dan lokal. Rating lokal di Indonesia disebut dengan DRN (Daftar Rating Nasional) yang diatur oleh PB Percasi Pusat. Rekor rating tertinggi di dunia yang pernah dicapai masih dipegang oleh mantan juara dunia GM Gary Kasparov dari Rusia dengan rating FIDE 2851. Saat ini ELO rating tertinggi diduduki oleh juara dunia Magnus Carlson asal Swedia dengan elo rating 2847.

Sedang untuk Indonesia rekor rating tertinggi (rating FIDE) dipegang oleh GM Utut Adianto yang pernah meraih ELO rating 2615. 

Di Indonesia selain GM Utut Adianto terdapat 8 pecatur lainnya yang bergelar GM, yaitu GM Herman Suradiradja, GM Ardiansyah, GM Edhi Handoko, GM Cerdas Barus, GM Ruben Gunawan, GM Susanto Megaranto, GM Novindra Priasmoro dan satu satunya GM Wanita Irene Kharisma Sukandar.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_peringkat_Elo 

http://www.komputercatur.com/2008/05/perhitungan-nilai-elo-rating-bagi.html

https://www.kompasiana.com/fery50973/6058b1fad541df7a645ea442/mengenal-elo-rating-penentu-peringkat-dalam-catur?page=3

No comments:

Post a Comment

Related Posts