Friday, June 5, 2020

Sendi Putar, Peluru dan Geser pada Area leher


Pelajaran IPA sewaktu SD tentunya kita akan lupa-lupa ingat. Terlebih mengenai macam sendi pada manusia berdasarkan sifat dan arah gerakannya. Sendi mempunyai fungsi sebagai penghubung antartulang.

Jenis Sendi Gerak (Diartrosis) adalah sebagai berikut :

  1. Sendi Geser (plane) : Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contoh: Sendi pada pergelangan tangan ruas tulang belakang.
  2. Sendi Engsel (hinge) : Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. Sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel jendela dan pintu. Contoh : sendi pada siku yang menghubungkan tulang lengan atas dan lengan bawah ; sendi pada lutut yang menghubungkan tulang paha dan tulang kaki bawah.
  3. Sendi Gulung (condylar) : Sendi gulung adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerak rotasi pada poros, tapi gerakannya terbatas. Contoh: pada hubungan ujung tulang telapak tangan (karpal) dengan ujung tulang jari tangan.
  4. Sendi Putar (pivot) : Persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana. Contoh : Sendi antara tulang atlas (tulang leher yang pertama) dan tulang tengkorak. Tulang atlas masuk ke dalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak.
  5. Sendi Peluru (ball and socket) : Sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah. Hal ini terjadi karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Pada sendi peluru terjadi pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dengan tulang berbentuk mangkuk. Contoh ; sendi pada ruas tulang leher yang paling atas, sendi pada bahu yang menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang gelang bahu, serta sendi pada panggul yang menghubungkan tulang paha dan tulang gelang panggul. 
  6. Sendi Pelana (saddle) : Sendi yang fungsinya mirip seperti “pelana”. Sendi yang bergerak ke dua arah, yaitu ke samping dan ke depan. Contoh ; sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari.



Sumber :
https://blog.ruangguru.com/macam-macam-sendi

https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/19/160000869/macam-macam-sendi-dalam-tubuh?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts