Wednesday, June 17, 2020

Protokol Kesehatan di Hotel

Hari Rabu pagi, tanggal 17 Juni 2020, aku harus kembali mengadakan perjalanan dari Sidoarjo ke Jember. Dalam rangka prosesi atas meninggalnya nenek ku, jadi kembali ini dalam rangka bukan mudik dan bukan liburan.

Sekali lagi karena pulang kampung dan aku sudah tidak punya rumah di kampung, sehingga mengharuskan aku menginap lagi di hotel. Dan hotel yang aku inapi adalah di Dafam Lotus Jember yang terletak di jalan Gatot Subroto no 47, Kepatihan, Kaliwates, Jember.



Aku booking hotel tersebut menggunakan aplikasi tiket.com yang mempunyai fitur CLEAN untuk memastikan protokol kesehatan atau tata cara pencegahan virus corona (Covid-19), dengan tujuan agar orang bisa nyaman dan aman saat menginap.

Standardisasi kesehatan pada hotel ini merupakan hal wajib untuk saat ini, sehingga pengunjung dan hotel tidak bisa tidak harus beradaptasi.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI) telah mengeluarkan Buku Panduan Normal Baru Hotel dan Restoran Dalam Pencegahan Covid-19.

Yaitu mulai dari pengukuran suhu pada tamu sebelum masuk hotel. Wajib juga pakai masker dan pakai hand sanitizer. Diperlukan tanda untuk jaga jarak pada antrian antara satu orang dengan yang lain. Tempat duduk harus diatur dengan jarak satu meter.

Restoran Hotel menetapkan durasi makan maksimum untuk tamu agar dapat membatasi atau meminimalkan jumlah tamu di restoran pada satu waktu tertentu. Pada area yang tinggi tingkat sentuh atau kontaknya oleh tamu, termasuk permukaan meja dan lainnya, harus didesinfeksi dengan disinfektan.

Sebagai tambahan tidak ada salahnya kita menyimpan nomor-nomor penting dan beberapa kontak informasi penting lainnya selama masa pandemi hotel yaitu Call center di BNPB (117) dan Kementerian Kesehatan (119 ext 9).


Sumber :
https://travel.tempo.co/read/1356587/menilik-protokol-kesehatan-hotel-melalui-fitur-baru-tiket-com/full&view=ok
https://travel.kompas.com/read/2020/06/04/071500427/mau-menginap-di-hotel-ikuti-protokol-new-normal-ini.
https://www.traveloka.com/en-id/explore/tips/pedoman-menginap-hotel-selama-masa-pandemi-covid-19-acc/30204

No comments:

Post a Comment

Related Posts