Thursday, June 25, 2020

Read Later

Saat ini sudah jamak Pay Later, “beli sekarang dan membayarnya nanti“. Pay Later adalah metode pembayaran yang ditawarkan oleh startup atau perusahaan digital commerce seperti Tokopedia, Shopee, Traveloka dan Bukalapak sehingga memudahkan kita sebagai customer dalam membeli barang atau jasa yang ditawarkan, mulai dari transportasi online, pemesanan makanan online dan pemesanan tiket akomodasi online.

Jadi konsepnya mirip kartu kredit.

Pay Later memang mudah digunakan hidup kita sehingga banyak diminati. Namun karena prinsipnya adalah tetaplah sebagai sebuah hutang, maka ukurlah kemampuan finansial dan jangan sampai terlena yang dapat menjuruskan kita menjadi konsumtif dan boros.

Memudahkan tapi kita harus bijak.


Sama halnya dengan bacaan yang membanjiri di dunia digital, mulai e-koran, majalah, laporan penelitian, e-book, dokumen ilmiah, presentasi seminar dan masih banyak lainnya. Mudah dan murah, karena banyak yang bisa kita download serta kita dapatkan dengan gratis.

Layaknya pay later diatas, ada juga yang read later.

Namun saking mudah dan saking banyaknya sehingga banyak orang yang hanya sekedar download tanpa membacanya. Dengan harapan mereka baca nanti, besok atau waktu yang akan mendatang. Hal ini bisa jadi dikarenakan minat baca yang cukup tinggi namun tidak diimbangi dengan daya baca.

Semoga kita tidak termasuk dalam kategori yang menggunakan 'menu' read later.


Sumber :
https://koinworks.com/blog/apa-itu-pay-later/
https://www.cermati.com/artikel/aplikasi-layanan-pay-later-makin-diminati-yuk-cek-keuntungan-dan-kerugiannya

No comments:

Post a Comment

Related Posts