Sunday, June 28, 2020

Gedung Tertinggi di Dunia

Sejak tahun 2013, gedung Burj Khalifa yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab resmi menjadi gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa dibangun tahun 2004, dan dibuka pada tahun 2010 dengan ketinggian 828 m, mempunyai jumlah lantai sebanyak 160 lantai.

Burj Khalifa selain meraih rekor menjadi gedung tertinggi di dunia, juga meraih rekor gedung dengan lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s.

Pada tahun 2015, Burj Khalifa masih menjadi gedung tertinggi mengalahkan 9 gedung tinggi di dunia lainnya, yaitu Shanghai Tower, Lujiazui, Pudong, Makkah Royal Clock Tower, One World Trade Center, Taipei 101, Shanghai World Financial Center, Petronas Twins Towers, Zifeng Tower, Willis Tower, dan Kingkey 100.

Namun perlombaan gedung pencakar langit belum berhenti. Masih berlanjut. Diantaranya yang sudah mengeliat yaitu:
  • Burj Mubarak al-Kabir
  • Jedah Tower
  • Creek Tower
  • Sky Mile Tower
  • Time Squired 3015


Burj Mubarak al-Kabir adalah pencakar langit megatall di Kota Kuwait, Kuwait yang akan menjadi bagian dari kota masa depan yang disebut Madinat al-Hareer. Perkiraan penyelesaian diperkirakan sekitar tahun 2030 dengan mencapai ketinggian 1001 m.

Karena gedung ini sangat tinggi, maka angin akan menjadi tantangan tersendiri. Untuk mengatasi angin, menara dirancang menjadi 3 menara yang saling terkait, masing-masing memutar 45 derajat untuk membantu menstabilkannya.


Jeddah Tower atau Menara Jeddah adalah gedung pencakar langit yang dibangun di sisi utara Jeddah, Arab Saudi. Menara ini akan mempunyai ketinggian 1000 meter. Menara ini didesain oleh arsitek Adrian Smith, yang juga mendesain Burj Khalifa. Selain Burj Khalifa, Adrian Smith telah merancang beberapa menara baru lainnya; Menara Zifeng di Nanjing, Cina, Trump International Hotel & Tower di Chicago, dan Menara Jin Mao di Shanghai, serta Menara Sungai Mutiara di Guangzhou, Cina.


Dubai Creek Tower atau Menara di Dubai Creek Harbour adalah menara observasi yang sedang dibangun yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2021 dengan ketinggian 928 meter.


Sky Mile Tower adalah bangunan megatall dengan ketinggian 1.600 m yang dibangun di Tokyo, Jepang. Desain menara adalah bagian dari inisiatif yang disebut Next Tokyo 2045 untuk tujuan penelitian dan pengembangan dan dibuat oleh Kohn Pedersen Fox Associates dan Leslie E. Roberson Associates.

Menara Sky Mile akan dibangun di atas kepulauan tanah reklamasi di Teluk Tokyo. Proyek reklamasi yang diusulkan dengan Menara Sky Mile sebagai pusatnya dijuluki sebagai "Next Tokyo". Bangunan ini dirancang untuk dihuni oleh sekitar 55.000 orang.


Times Squared 3015 adalah konsep desain untuk kota vertikal, lebih dari satu mil tingginya, terletak di Kota New York di Amerika Serikat. Itu bukan proposal bisnis yang serius, tetapi peserta dalam kontes desain arsitektur tahun 2015. Bangunan ini adalah upaya untuk menyediakan komunitas mandiri, menggabungkan pertanian vertikal, pantai, pegunungan, stadion, hutan kayu merah, perumahan, dan kantor yang ditumpuk secara vertikal.

Pencakar langit hipotetis akan menjadi gedung tertinggi di dunia dan yang pertama melebihi satu mil.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Burj_Mubarak_al-Kabir
https://www.popularmechanics.com/technology/design/a5231/4343115/
https://en.wikipedia.org/wiki/Jeddah_Tower
http://www.albiladdailyeng.com/worlds-tallest-tower-infrastructure-complete-next-year-ceo/
https://en.wikipedia.org/wiki/Dubai_Creek_Tower
https://www.archdaily.com/797130/worlds-tallest-tower-santiago-calatravas-tower-at-dubai-creek-harbor-breaks-ground
https://en.wikipedia.org/wiki/Sky_Mile_Tower
https://www.architecturaldigest.com/story/tokyo-will-look-like-2045-including-mile-high-skyscraper
https://en.wikipedia.org/wiki/Times_Squared_3015
http://www.evolo.us/times-squared-3015/

No comments:

Post a Comment

Related Posts