Thursday, June 4, 2020

Kaleng Kosong Khong Guan


Blek duduk tong, tong duduk blek.
Blek duduk tong, tong duduk blek.

Jadi inget masa kecil kalo bermain blek (kaleng) kosong yang ditabuh sambil bernyanyi-nyanyi kecil. Dan kaleng kosong yang legendaris buat mainan adalah kaleng kosong Khong Guan. Jajanan khas buat lebaran.


Entah kebetulan atau tidak jika arti dari Khong Guan dengan tulisan Kong guan adalah kaleng kosong. Hal ini dapat kita ketahui saat kita masukkan kata Koong Guan di google translate.

Yang ramai dibicarakan yang berkaitan dengan Khong Guan adalah misteri isinya, yang terkadang bukan snack biskuit, tapi terkadang isinya adalah kerupuk, keripik sampai rengginang.

Namun tidak melulu hal tersebut, juga ada misteri yang lain.

Kaleng Khong Guan bergambar seorang ibu dan dua anak laki-laki dan perempuan sedang menyantap kue. Misterinya adalah kenapa tidak ada gambar Ayah dalam gambar kaleng Khong Guan. Sejak tahun 1971 dan nggak pernah ganti gambar kaleng.

Sang pelukis kaleng Khong Guan Bernadus Prasodjo menjelaskan mengenai misteri ketiadaan sosok ayah. Dia menjelaskan bahwa keluarga Khong Guan ternyata adalah keluarga harmonis. Ayahnya tidak terlihat dalam gambar karena dia sedang memotret keluarga yang disayanginya.

Meskipun begitu, ide desain bukan dari pembuat gambar. Bernadus Prasodjo bukanlah pemilik ide tersebut. Ide desain sudah ada di perusahaan, sehingga Bernadus tinggal mengubah dan mewarnai seperlunya saja.

Sebenarnya tiap tahun hal ini selalu dibicarakan, namun tetap saja menjadi trending topic yang seru untuk diulas.

Berikut saya rangkum

2020
Kompas.com - 03/06/2020 ; Ini Alasan Tidak Ada Ayah dalam Gambar Kaleng Khong Guan https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/03/193200765/ini-alasan-tidak-ada-ayah-dalam-gambar-kaleng-khong-guan?page=all#page4.

2019
detikTravel - 31 Mei 2019 ; Misteri Ayah di Kaleng Biskuit Khong Guan Terungkap di Sini https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4569287/misteri-ayah-di-kaleng-biskuit-khong-guan-terungkap-di-sini

2018
Intisari-online - 13 Juni 2018 ; Terjawab Sudah Kenapa Sosok Ayah Tak Tampak di Kaleng Biskuit Khong Guan https://intisari.grid.id/read/03882526/terjawab-sudah-kenapa-sosok-ayah-tak-tampak-di-kaleng-biskuit-khong-guan?page=all

2017
KumparanNEWS - 17 Juni 2017 ; Penjelasan Pelukis Kenapa Tidak Ada Sosok Ayah di Kaleng Khong Guan https://kumparan.com/kumparannews/penjelasan-pelukis-kenapa-tidak-ada-sosok-ayah-di-kaleng-khong-guan

2016
VIVA.co.id - 1 Desember 2016 ; Kisah Pelukis Kaleng Khong Guan yang Terlupakan
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/desktop-2018/img/icon-profile-team.png?v=6.7.5

2015
Brilio - 03 / 06 / 2015 Ini penjelasan kenapa sosok ayah tak tampak di biskuit Khong Guan https://www.brilio.net/news/ini-penjelasan-kenapa-sosok-ayah-tak-tampak-di-biskuit-khong-guan-150603c.html


Biskuit Khong Guan berasal dari Singapura, namun biskuit ini bukanlah dibuat oleh penduduk lokal negara tersebut. Pencipta Khong Guan adalah kakak beradik asal Fuanjin, Tiongkok, Chew Choo Keng dan Chew Choo Han.

Ya benar, Khong Guan memang bukan berasal dari Indonesia. Biskuit fenomenal ini berdiri tahun 1947 di wilayah Singapura. Nama perusahaanya adalah Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Limited.

Biskuit Khong Guan beredar di Indonesia pada tahun 1971, setelah berdiri Khong Guan Biscuit Factory Indonesia. Perusahaan tersebut memproduksi makanan seperti biskuit, wafer dan waferistik.

Selain di Indonesia, produk Khong Guan ada sekitar 40 negara di dunia yang sudah merasakan biskuit ini. Misalnya di negara-negara Timur Tengah, Eropa, hingga Amerika Serikat dapat menemukan produk ini. Umumnya, biskuit ini dijual di supermarket-supermarket negara tersebut.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Khong_Guan
https://kaltim.tribunnews.com/2017/04/30/7-fakta-mengejutkan-di-balik-biskuit-khong-guan-nomor-6-paling-misterius?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts