Sunday, August 25, 2019

Tipe Kepribadian MBTI

Tipe kepribadian MBTI bisa diketahui salah satunya melalui https://kinibisa.com/tes-karakter. MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang digagas oleh Katharine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myers.

Menurut mereka berdua MBTI dikembangkan berdasarkan pada tipologi kepribadian Carl Jung yang membagi 2 tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert. Terdapat 4 domain yang berbeda, yaitu:

  • Introvert (I) – Ekstrovert (E)
  • Sensing (S) – Intuition (N)
  • Thinking (T) – Feeling (F)
  • Judging (J) – Perceiving (P)

Mari kita bahas satu persatu dari kepribadian MBTI diatas,

Introvert (I) – Ekstrovert (E)

Kepribadian ini menunjukkan bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain atau dunia luar. Dimana introvert (I) adalah kepribadian yang cenderung aktif dalam pemikiran, merasa lebih berenergi saat menggunakan waktunya secara personal, serta menghargai interaksi yang intim dengan sedikit orang. Sedangkan ekstrovert (E) adalah kepribadian yang berorientasi pada kuantitas interaksi sosial, bersemangat menghabiskan waktu dengan orang lain, dan berorientasi pada tindakan alih-alih pemikiran.


Sensing (S) – Intuition (N)

Kepribadian yang ini membantu kita memahami bagaimana kita belajar, mencerna, dan mengumpulan informasi dari lingkungan sekitar. Yaitu dimana Sensing (S) adalah tipe yang secara mendiri mempelajari lingkungan sekitar. Tipe ini belajar hal-hal baru dengan terlibat langsung – learning by doing. Pola pemikiran tipe kepribadian MBTI ini cenderung realistis dan praktis. Dan tipe Intuition (N) cenderung berpikir abstrak, berimajinasi, dan mengandalkan intuisi.


Thinking (T) – Feeling (F)

Kepribadian berikutnya tentang cara menimbang dan membuat keputusan. Jika seseorang memutuskan secara impersonal berdasarkan data empiris dan fakta adalah tipe Thinking (I) yang cenderung logis dan konsisten. Sedangkan tipe Feeling(F) membuat keputusan berdasarkan emosi yang dirasakan, kata hati, bahkan turut mempertimbangkan orang lain.


Judging (J) – Perceiving (P)

Kemudian selanjutnya adalah kepribadian cara menyikapi dunia luar di sekitarmu. Judging (J) adalah tipe kepribadian MBTI yang cenderung bersikap tegas dan teguh pendirian. Sedangkan tipe Perceiving (P), sebaliknya, adalah mereka yang cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya.

Sehingga dari 4 hal diatas akan ada16 tipe kepribadian MBTI, yaitu: ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INFP, INTJ, INTP, ESTP, ESTJ, ESFP, ESFJ, ENFP, ENFJ, ENTP, Dan ENTJ. 


Sumber :

https://kinibisa.com/tes-karakter

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/tes-mbti-16-tipe-kepribadian-klasifikasi-dan-penjelasannya

https://palu.tribunnews.com/2021/09/07/tes-mbti-ramai-dibahas-di-twitter-ada-16-tipe-karakter-yang-berbeda-akuratkah-tes-kepribadian-ini

https://jobseeker.id/post/view/10002-macam-macam-mbti-alat-tes-psikologi-untuk-ungkap-kepribadian.html#:~:text=Dari%20tipe%2Dtipe%20tersebut%20di,ENFJ%2C%20ENTP%2C%20dan%20ENTJ.

1 comment:

  1. Terima kasih atas informasinya yang sangat berguna, berkaitan dengan itu saya juga ingin merekomendasikan juga situs yang berkaitan dengan Assessment, semoga bermanfaat yaa. Tes Kepribadian

    ReplyDelete

Related Posts