Saturday, August 10, 2019

Short Trip ke Jember

Perjalanan mudik ini mungkin mengalahkan perjalanan singkat sewaktu ke Ibu Kota Satu Kali 24 Jam ke Jakarta. Short trip waktu itu aku berangkat pukul 05.00 pagi hari Sabtu dan kembali pukul 05.00 pagi di hari Minggu.

Kali ini aku juga melakukan short trip untuk pulang kampung ke Jember. Berangkat hari Sabtu siang pukul 14.30 dan kembali ke sampai rumah pukul 13.30, jadi total mulai start perjalanan hingga kembali adalah hanya 23 jam saja.


Sabtu, 10 Agustus 2019
14.30

Perjalanan dimulai dari di pintu masuk tol Dupak atau Perak Surabaya. Dari tol Perak Surabaya ini (KM 0), kemudian lanjut ke tol Waru (KM 744), tol Sidoarjo (KM 755), tol Japanan dan lanjut hingga berhenti di tol Leces Probolinggo Timur (KM 830).

Sampai di kota Jember sekitar pukul 19.00, sehingga total perjalanan dari Surabaya ke Jember adalah sekitar 4.5 jam saja. Kita tidak langsung menuju tempat tujuan utama, namun mampir dulu ke Warung Lalapan Kang Roni.



Warung Lalapan Kang Roni ini merupakan menu kuliner wajib yang selalu kita tuju saat mudik ke Jember. Menunya cukup beragam mulai dari Ayam goreng, Bebek goreng, Gurami, Nila, Lele, Wader, Telur dan Tempe.

Namun menu favorit kami adalah Burung dara plus lalapan. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 35.000 per porsi. Yang mantap selain burung dara adalah sambal khasnya. Selalu merindu untuk mencoba lagi.

Setelah beli burung dara tadi kemudian kita lanjut untuk menuju tujuan utama, yaitu ke Meotel. Ini bukan yang pertama kita menginap disitu, karena pada waktu mudik Idul Fitri sekaligus reuni kecil bersama NoDC 99 kemarin kita sempatkan untuk menginap disana.


Selain hotel Meotel di Jember, saya juga pernah menyempatkan menginap di hotel Meotel di Purwokerto, ibu kota Banyumas.





Keesokan paginya, adalah hari raya Idul Adha. Dari hotel Meotel Jember bersebelahan dengan Kampus Unmuh (Universitas Muhamadiyah), cukup berjalan kaki ke sana. Sholat ied dilaksanakan tepat pukul 06.00, dan berjalan dengan cukup baik dan lancar.


Setelah menjalankan sholat Idul Kurban dengan tertib, tiba waktunya aku pergi ke rumah Mbah yang berada di Desa Kreongan.


Pukul 10.00 kita berangkat dari Jember untuk kembali ke rumah. Alhamdulillah perjalanan sangat lancar dan sepi. Sehingga pukul 13.00 kita sudah sampai. Total perjalanan 3 jam, dengan detail dari Jember ke pintu masuk tol Leces adalah 2 jam, dari dari tol Leces ke Sidoarjo hanya 1 jam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts