Thursday, August 15, 2019

Nomor IMEI


IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen ponsel. Untuk HP yang mempunyai 2 slot kartu SIM maka juga akan memiliki 2 nomor IMEI.

Nomor IMEI ini unik yang artinya satu nomor seri akan berbeda dengan yang lain. Salah satu nomor seri yang berisi 14 hingga 15 digit ini akan berisi informasi tipe ponsel. Kita bisa cek nomor IMEI dengan mengetuk *#06#, atau pada menu "about" di ponsel Anda.

Untuk mengecek status legalitas gadget, kita bisa memasukkan nomor IMEI ke website https://kemenperin.go.id/imei/

Jika setelah kita masukkan nomor IMEI dan muncul keterangan "IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin," maka kemungkinan ponsel kita belum terdaftar atau bahkan diduga ilegal dari black market (BM).

Tidak hanya berguna untuk mengetahui legal atau ilegal saja, ada beberapa penting nomor IMEI, yaitu sebagai berikut :
  1. Identitas Smartphone, IMEI merupakan identitas dari sebuah smartphone.
  2. Untuk melacak Smartphone, dengan nomor IMEI kita melacak ponsel yang hilang, yaitu caranya dengan mendatangi ke gerai operator seluler, kemudian laporkan nomor IMEI dan nomor HP yang digunakan di smartphone yang hilang.
  3. Mempengaruhi sinyal ponsel, jika nomor IMEI hilang Smartphone tidak bisa menangkap sinyal dan tentunya tidak akan bisa Anda gunakan untuk komunikasi maupun koneksi data.

Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190116164420-185-361325/mengenal-apa-itu-imei
https://jakarta.tribunnews.com/2018/06/02/3-fungsi-nomor-imei-di-smartphone-kamu-bisa-pengaruhin-kinerja?page=all.
https://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2019/224739-Sebelum-Aturan-Berlaku-Cek-Status-IMEI-Anda-di-Situs-Ini-?fbclid=IwAR3hhJ-YHPZf7aNlKgwFfOFwD4PG1_oMHi9V7O77QFmZK-SbgMWMJZSdbDM

No comments:

Post a Comment

Related Posts