Monday, August 5, 2019

Setelah Garis Finish


Setiap pelari maraton membutuhkan waktu untuk pemulihan. Hal ini dikarenakan saat lari maraton kita setidaknya melakukan sekitar 30 ribu langkah. Pada setiap langkah, kaki akan menahan beban 1,5 sampai 3 kali lebih berat dari bobot tubuh normal.

Waktu pemulihan tersebut berbeda-beda tergantung dari jarak dan waktu yang ditempuh. Terdapat formula yang sederhana, yaitu empat dikali dengan waktu tempuh.

Misalnya pelari marathon menempuh jarak 42 kilometer dalam waktu lima jam, maka untuk waktu pemulihan, empat dikali waktu tempuh. Kalau lima jam berarti (istirahat) 20 hari.

Pemulihan ini berfungsi untuk mengembalikan kerja organ-organ tubuh. Bila tetap dipaksakan berlari, maka akan mengganggu kerja organ, mulai dari ginjal, jantung hingga liver. Risikonya adalah sakit.

If you run, you are a runner. 
It doesn’t matter how fast or how far. 
You just run 

Selain pemulihan dengan istirahat seperti yang dijelaskan diatas, ada beberapa anjuran dan pantangan setelah lari Marathon. Terutama setelah mencapai garis finish. Apa saja anjurannya? Dan apa saja pantangannya? Yaitu sebagai berikut :

Anjuran setelah finish
  1. Banyak minum, segera mengganti cairan tubuh yang hilang dengan banyak minum air, baik air putih, atau pun minuman olahraga yang mengandung elektrolit. 
  2. Lakukan peregangan dan pendinginan, untuk memperlancar aliran darah. 
  3. Segera ganti pakaian kotor 

Pantangan setelah finish
  1. Langsung duduk, hal ini sangat bahaya untuk kesehatan, karena saat lari tubuh terus memompa darah dan oksigen ke otot-otot yang bekerja, saat kita berhenti secara tiba-tiba dan duduk, darah akan mengumpul di tubuh bagian bawah. Kondisi ini bisa membuat kaki terasa kaku dan menurunkan tekanan darah yang bisa membuat pusing hingga pingsan. Oleh sebab itu, hal yang perlu dilakukan adalah membiarkan tubuh terus bergerak ringan selama 10-20 menit setelah mencapai garis finish, misalnya jalan kaki. Dengan berjalan kaki, tubuh akan terus memompa darah melalui otot-otot sekaligus membersihkan semua sisa asam laktat yang terkumpul selama perlombaan. 
  2. Minum minuman beralkohol
  3. Makan kebanyakan, tubuh memerlukan energi untuk memecah dan mencerna makanan, padahal saat lari maraton, energi sudah terkuras habis. Sehingga tubuh akan kesulitan mencernanya. Makanlah dengan porsi kecil secara perlahan. 

Sumber :
https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/24/190000920/berapa-waktu-istirahat-sebelum-kembali-lari-maraton-.
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/26/144330720/anjuran-dan-pantangan-setelah-lari-maraton?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts