Thursday, December 17, 2015

Sense of Engineering


Sewaktu kuliah dan saat awal kerja kata-kata yang sering didengungkan adalah sense of belonging. Apa itu sense of belonging? Sense of belonging adalah rasa memiliki dengan bersifat aktif yang diwujudkan dalam bentuk inisiatif, keberanian mengambil tanggung jawab dan risiko, serta keinginan berbagi.

Sense of belonging menurut Abraham Maslow merupakan salah satu kebutuhan paling dasar untuk manusia yang berfungsi sebagai pembentuk identitas dalam diri individu dan sebagai motivasi untuk mereka berpartisipasi dalam masyarakat atau kelompoknya.

Namun setelah berjalannya karier sekian tahun, akhirnya adalah rasa yang lebih penting juga sebagai engineer. Yaitu sense of engineering.

Apa itu sense of engineering?

Untuk itu kita perlu mengupas arti dari engineering itu sendiri. Engineering adalah ilmu teknik yang dipraktekkan kedalam kehidupan untuk mempermudah dalam melakukan sesuatu dengan rekayasa atau inovasi.

Dalam hal ini maka seorang engineer juga harus mampu membuat suatu desain. Dimana yang dimaksud dengan desain disini adalah sistem yang berlaku untuk perancangan untuk melihat persoalan dari berbagai sudut pandang dan segi.

Seorang engineer tidak hanya dituntut dapat membuat suatu sistem yang mengedepankan hasil produk dengan kualitas (Q, quality) yang baik serta lead time (D, delivery) waktu yang pendek sehingga saat pengiriman tepat waktu. Tapi juga perlu memperhatikan aspek ekonomi (C, cost).

Sehingga engineer harus dapat membuat inovasi dengan melakukan rekayasa demi menghasilkan produk yang berkualitas dan juga murah, tetapi tidak murahan.

Dalam hal tersebut maka seorang engineer harus mempunyai sense of engineering.

Memang saat duduk di bangku kuliah teori saja tidak cukup. Teori hanyalah sebagai pijakan awal. Perlu adanya pengalaman yang dapat menajamkan logika untuk membuat suatu inovasi dan rekayasa.


Sumber :
http://majalahscg.com/read/29/kelanakota/Membangun-Sense-of-Belonging-Karyawan
http://moeloes.blogspot.co.id/2013/07/sense-of-belonging-mis-pnpm-mpd.html
http://unsoed-himagreen.blogspot.co.id/2013/04/style-definitions-table.html
https://andyprb.wordpress.com/2009/11/04/lesson-to-be-a-junior-engineer/
http://www.dancommunity.com/thought/2013/08/danone-untuk-semua-semua-untuk-danone-

No comments:

Post a Comment

Related Posts