Saturday, December 12, 2015

Sepatu Terapi Flat Feet

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu :
Flat-foot
Metatarsus Adductus (lagi)
Metatarsus Adductus

Saat mengetahui bahwasanya Rafa mengalami kelainan kaki yang disebut dengan telapak kaki datar (Flat Feet), maka terdapat perawatan dan pengobatan telapak kaki datar, yaitu :

Latihan untuk memperkuat otot-otot kaki
  1. Alas kaki korektif
  2. Rehabilitasi
  3. Terapi Orthotic 
Terapi orthotic tidak hanya bekerja dengan prinsip untuk menopang lengkungan, tetapi juga meluruskan kembali struktur kaki dan kaki untuk mencegah kelainan struktur tulang serta otot, tendon, dan kelelahan ligamen.

Keselarasan kaki yang optimal juga akan membantu terciptanya keselarasan tubuh bagian bawah dan panggul yang tepat. Dengan berpijaknya kaki Anda pada orthotic yang didesain dengan tepat, maka akan dengan mudah dan konsisten membantu posisi yang benar termasuk saat berjalan, berlari, dan berdiri.


Perawatan kondisi Flat Feet ini juga bisa dilakukan adalah menggunakan sepatu khusus, ditambah dengan sering dilakukan pijatan pada telapak kaki, jalan-jalan tanpa alas kaki pada permukaan yang tidak rata, seperti di bebatuan, sawah, pantai.

Sepatu khusus yang berfungsi untuk terapi ini mempunyai arch support yang terbuat dari bahan spon halus yang sangat lembut sehingga sangat nyaman dipakai. Arch support ini berfungsi membentuk arcus/lengkung pada telapak kaki. dipakai oleh penderita kaki datar/kaki rata/flat foot.


Sumber :
http://blog.hafidz.web.id/flat-feet-pada-anak.html
http://ortotik-prostetik.blogspot.co.id/2014/10/alas-sepatu-untuk-mengatasi-telapak.html
https://duniafitnes.com/health/perawatan-tepat-bagi-anda-yang-memiliki-telapak-kaki-datar-flat-feet.html