Friday, December 25, 2015

Mengecat Ulang Sepeda


Liburan hari kedua kita sepakat akan mengisi dengan mengecat sepeda Rafa. Karena selain kusam juga agar saat berolahraga naik sepeda bisa tambah semangat. Untuk itu langkah pertama adalah kita pergi ke toko bangunan AJBS untuk memilih cat pilox. Dan yang dipilih oleh Rafa adalah yang warna silver.

Peralatan lain selain cat pilox yang perlu dipersiapkan adalah
  1. Air bersih
  2. Kain lap
  3. Amplas halus
  4. Pilox 

Pembongkaran

Lalu langkah kedua adalah membongkar dan melepas sepeda terutama bagian-bagian yang tidak ingin kena cat, misalnya roda, ban dan sadel. Selain dilepas bagian sepeda yang tidak ingin kena cat yaitu misalnya area frame dengan ulir atau baut bisa ditutup dengan selotip dan koran.

Setelah itu adalah proses pembersihan sisa cat dan sisa stiker serta termasuk noda karat yang menempel di sepeda dengan menggunakan kertas amplas yang halus, sehingga logam sepeda yang akan dicat akan mulus.


Pengamplasan

  1. Ambil kertas amplas halus dan bersihkan cat dan stiker yang menempel di sepeda, termasuk bagian yang berkarat
  2. Bersihkan sepeda dengan air bersih
  3. Keringkan sepeda dengan lap yang bersih dan kering.


Pengecatan
  1. Pastikan logam sepeda sudah kering dan mulus
  2. Pertama-tama cat tipis aja dulu pada permukaan dengan jarak semprot antara 25 - 30 cm dan tunggu sampai setengah kering supaya cat menempel kuat di permukaan besi / frame. 
  3. Cat lagi pada permukaannya tipis-tipis dengan jarak yang sama di awal pengecatan dan diamkan lagi sampai setengah kering.
  4. Ulangi cat dengan semprot pilox lebih tebal dari sebelumnya sampai mengkilat / glossy.


Perakitan

Setelah dipastikan cat benar-benar sudah kering dengan sempurna, maka langkah selanjutnya adalah perakitan dan pemasangan bagian-bagian sepeda yang tadinya kita lepas dan kita bongkar. Lakukan dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang kena cat terluka dan terkelupas.

Dan finishing terakhir agar keren kita bisa menambahkan stiker. Stiker ini bisa kita desain sendiri, yang kemudian kita print menggunakan digital printing yang sekarang bisnisnya menjamur. Di dekat rumah saja ada 3 tempat yang jaraknya sekitar 2 km.





Sumber :
http://id.wikihow.com/Mengecat-Sepeda
http://sepeda2ku.blogspot.com/2014/12/tips-cara-mudah-mengecat-sepeda.html