Tuesday, November 23, 2021

Winbox v2.2.18

Dalam melakukan konfigurasi sebuah router bisa menggunakan beberapa metode yaitu dengan menggunakan SSH, Telnet, serial console, dan bisa juga menggunakan browser (webfig). Tetapi Mikrotik memiliki aplikasi khusus yang Gratis dan sangat praktis yang sangat populer karena GUI, yakni Winbox.

Winbox adalah utility yang digunakan untuk konektivitas dan konfigurasi MikroTik menggunakan MAC Address atau protokol IP. Dengan winbox kita dapat melakukan konfigurasi MikroTik RouterOS dan RouterBoard menggunakan mode GUI dengan cepat dan sederhana. 

Winbox dibuat menggunakan win32 binary tapi dapat dijalankan pada Linux, Mac OSX dengan menggunakan Wine. Semua fungsi winbox didesain dan dibuat semirip dan sedekat mungkin dengan fungsi console, sehingga Anda akan menemukan istilah-istilah yang sama pada fungsi console.

Semula aku download software winbox di https://mt.lv/winbox64

Kemudian yang kedua aku download di https://www.nosware.com/go/winbox2218

Setelah didownload, buka file winbox v2.2.18 lalu klik ... (titik tiga), maka maka winbox akan melakukan searching otomatis IP ataupun mac address mikrotik yang ada pada jaringan Anda. Lalu klik Connect dan Queues.


Sumber :

https://zathco.com/pengertian-dan-fungsi-winbox/

http://cyberlink.co.id/blog/apa-itu-winbox/

https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=265

No comments:

Post a Comment

Related Posts