Saturday, November 13, 2021

Society 5.0


Menarik sekali 2 sosok yang expert di bidangnya berbicara dalam sebuah Podcast yang disiarkan di akun youtube Hermanto Tanoko, yaitu si empunya akun youtube yaitu Hermanto Tanoko dan Hermawan Kartajaya.

Terutama di menit-17, yang wajib kita simak.

Bapak Marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya, mengatakan bahwa Jerman merupakan negara dengan dasar Produksi, dan diprediksi hingga 5 tahun mendatang masih ampuh, yaitu dimana pada 100 perusahaan, sejumlah 80 perusahaan masih survive.

Berbeda halnya dengan Silicon Valley yang ada di Amerika Serikat, dimana disana banyak sekali berkembang startup dan platform, namun tidak ada hasilnya, yaitu hanya 5% saja yang berhasil. Pada akhirnya, baik Jerman maupun Amerika tidak semuanya benar, namun keduanya harus didamaikan dan disatukan.

Oleh karena itu Industri 4.0 harus bergerak ke Society 5.0 yaitu Technology for Humanity. Akan menjadi percuma jika sebuah teknologi tanpa ethics, teknologi harus didedicated untuk manusia. 

Sehingga dunia nanti akan menuju balancing.

Society 5.0 dibuat sebagai resolusi atas resolusi industri 4.0 dimana dalam Society 5.0 masyarakat dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. 

Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

Society 5.0 digagas oleh negara Jepang, dengan Konsep ini memungkinkan kita menggunakan ilmu pengetahuan yang berbasis modern (AI, Robot, Iot) untuk kebutuhan manusia dengan tujuan agar manusia dapat hidup dengan nyaman. 

Flashback kebelakang mari kita bedah definisi dari Society 1.0 hingga 4.0

  • Society 1.0 adalah pada saat manusia masih berada di era berburu dan mengenal tulisan, 
  • Society 2.0 adalah era pertanian dimana manusia sudah mengenal bercocok tanam, 
  • Society 3.0 : sudah memasuki era industry yaitu Ketika manusia sudah mulai menggunakan mesin untuk membantu aktivitas sehari-hari, 
  • Society 4.0: manusia sudah mengenal computer hingga internet


Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=8VAaNg34ztg

https://sevima.com/perguruan-tinggi-menghadapi-era-society-5-0/

https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/04/19/mengenal-lebih-jauh-tentang-society-5-0/

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts