Sunday, November 28, 2021

Perjalanan Melewati Selo

Melewati jalur Selo saat perjalanan dari Magelang ke Boyolali mengingatkan aku saat perjalanan ke Wonosobo dengan jalur melewati 2 gunung yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Kecamatan Selo; Kabupaten Boyolali yang ada di pertengahan antara Gunung Merapi dan Merbabu. Tepatnya melintasi lereng antara selatan Gunung Merbabu dan bagian utara Gunung Merapi.

Selo adalah salah satu gerbang masuk menuju kawasan taman nasional Gunung Merbabu.

Jalan yang dilalui melintang meliuk-liuk, berliku-liku, menurun-menanjak. Namun, semuanya terbayar karena sepanjang perjalanan sejauh mata memandang dipenuhi dengan pemandangan hijau dari pegunungan. Suhu cukup sejuk dan dingin, bahkan dari puncak gunung tersebut masih tertutupi awan.

Total jarak yang ditempuh adalah 60 km, dari kota Magelang sekitar 40 km hingga titik puncak dan tanjakan, lalu sisanya 20 km menurun.

Saat perjalanan menyisakan 28 km berdasarkan data dari GPS di HP, atau perjalanan sudah mencapai 32 km, tiba-tiba 4 mobil di depan berhenti, hal ini dikarenakan terdapat sebuah mobil pick-up yang terjebak dan hampir masuk jurang.

Sempat berhenti beberapa menit, namun berkat kerja sama sesama pengemudi dengan mengangkat pick-up, akhirnya kendaraan tersebut dapat dievakuasi sehingga jalur dapat dilalui kembali. Alhamdulillah tidak terjebak lama disana.

Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, dan pastikan pengemudi juga mampu mengendarai kendaraan dengan handal, karena rutenya cukup menantang. Saat melalui tanjakan periksa indikator temperatur kendaraan jangan sampai overheat.

Kecepatan kendaraan juga harus betul-betul diperhatikan dan dipertahankan pada kecepatan rendah saat kondisi jalur menurun, terutama di titik turunan yang cukup tajam dan curam. Pastikan juga rem juga harus dalam kondisi baik agar tidak terbakar karena terlalu sering mengerem.

Akhirnya perjalanan dari Magelang yang dimulai pukul 10.00 sampai juga di Boyolali pukul 11.45, disana kita rehat sejenak selama 30 menit sambil makan siang di Soto Seger Ny Fatimah. 

Setelah itu, pukul 12.15 kita lanjut jalan melalui jalan tol masuk di Pintu Masuk Tol Boyolali sekitar km 482. Dari sana perjalanan sejauh 273 km menuju kota Sidoarjo. Setelah 1 jam 40 menit, aku istirahat di rest area km 597.

Setelah rehat sejenak selama 15 menit, kita lanjutkan lagi perjalanan. Dan akhirnya kita sampai juga di km 755 Sidoarjo pada pukul 16.15 dengan lancar dan selamat. Total perjalanan via tol adalah 273 km (grand total jarak perjalanan adalah 333 km), dengan biaya tol tercatat tadi adalah sebesar Rp 292.000


Sumber:

https://www.kompasiana.com/sabdullah/58cf67fc359373771b9793fa/dari-boyolali-ke-magelang-menelusuri-lereng-merbabu

https://www.menggapaiangkasa.com/2016/04/balik-solo-lewat-selo-yang-tak-lagi.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts