Thursday, November 25, 2021

Create Sustainable Buildings

Di Amerika Serikat, rumah dan bangunan menyumbang sekitar 40% dari total konsumsi listrik, dan sekitar sepertiganya berasal dari sistem pemanas dan ventilasi. 

Untuk mengurangi hal tersebut, kita bisa meniru dan belajar tentang struktur dan fungsi gundukan rayap dengan sistem kontrol iklim hemat energi, yang secara substansial dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Struktur gundukan rayap di atas tanah memfasilitasi pertukaran gas di sarang di bawah tanah menggunakan arus udara internal yang digerakkan oleh panas matahari.

Rayap membangun sarangnya berupa gundukan vertikal dari tanah, air liur, dan kotoran. Gundukan umumnya menyerupai cerobong asap dengan sistem ventilasi yang baik. Baik ventilasi yang berupa gundukan 'terbuka' atau gundukan 'tertutup' dengan memiliki dinding berpori. 

Gundukan rayap tersebut berfungsi untuk terus mempertahankan suhu internal sarang dalam kisaran sempit dalam menghadapi fluktuasi suhu luar yang ekstrem. Tanah memiliki kapasitas termal yang besar, artinya dapat menyerap atau kehilangan energi panas dalam jumlah besar sebelum mengalami perubahan suhu. 

Mekanisme utamanya adalah melalui arus udara internal yang didorong oleh panas matahari. Saat suhu luar berubah sepanjang hari dan matahari mengenai permukaan yang berbeda di gundukan, gradien suhu berkembang antara pinggiran dan pusat gundukan. 

Gradien suhu ini menciptakan arus naik dan turunnya udara di dalam gundukan. Arah arus ini bervariasi karena gradien suhu berubah sepanjang hari. Energi angin dari aliran udara yang tidak stabil di luar gundukan juga dapat memainkan peran sekunder dalam ventilasi. Aliran udara internal kemungkinan mendorong pencampuran antara udara di gundukan dan udara di sarang, yang pada akhirnya memfasilitasi pertukaran gas di sarang.

sumber : Andrew Paul Deer /Shutterstock & David Brazier/Wikimedia Commons

Contoh biomimikri tersebut adalah Eastgate Centre di Zimbabwe. Bangunan tersebut menggunakan beton berpori dan cerobong asap kipas yang bisa mempertahankan suhu yang layak huni di Zimbabwe yang setengah kering.


Sumber :

https://biomimicry.org/biomimicry-examples/

https://asknature.org/strategy/mound-facilitates-gas-exchange/#.VB52Ry5dUa0

https://sci-tech-id.blogspot.com/2019/10/tingkatan-tingkatan-pada-biomimikri.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts