Friday, November 26, 2021

Sustainability and Circularity

Uni Eropa memelopori peluncuran strategi bioekonomi berkelanjutan pada 2012 yang telah diperbarui pada 2018. Mengikuti model Eropa, sebagian besar negara Eropa, serta banyak negara lain di seluruh dunia, telah meluncurkan strategi mereka sendiri di bidang bioekonomi. 

Pada saat yang sama, inisiatif regional sedang dilaksanakan untuk mempromosikan kegiatan yang berkaitan dengan bioekonomi berkelanjutan di setiap wilayah.

Strategi ini bertujuan untuk lebih menghubungkan produsen dan pengolah sumber biomassa yang berbeda, mencoba untuk mendamaikan konsep seperti ketahanan pangan, kelangkaan sumber daya alam dan tujuan lingkungan dengan penggunaan biomassa untuk keperluan industri dan energi.

Agar berhasil, bioekonomi harus memprioritaskan konsep keberlanjutan dan sirkularitas. Inilah yang akan memandu pembaruan industri kita, modernisasi sistem produksi primer dan perlindungan lingkungan dengan tetap menjaga keanekaragaman hayati. 

Dengan semua hal di atas, bioekonomi harus memilih model kegiatan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, dan selaras dengan lingkungan dan ekosistem di mana mereka berada dan terkait erat dengan sumber daya lokal masing-masing komunitas.


Sumber :

https://www.zabala.eu/opinions/bioeconomics/

No comments:

Post a Comment

Related Posts