Friday, November 12, 2021

Dependent - Independent - Interdependent

Hari ini, tanggal 12 November merupakan hari Ayah. Dibandingkan dengan seorang ibu yang ekspresif dalam menunjukkan rasa cintanya kepada anak, seorang ayah cenderung mencintai dalam diam. Seorang ayah lebih mengutamakan keamanan daripada kenyamanan yang berbanding terbalik dengan seorang ibu.

Namun tetap saja, seorang ayah pasti akan memastikan anaknya berkembang dan tumbuh dengan baik. Setidaknya ada 3 tahap perkembangan dalam kehidupan anak, yaitu dependent (tergantung), independent (mandiri), interdependent (saling tergantung).

Sebelumnya pernah aku tulis artikel 3 tahap perkembangan tersebut berdasarkan buku Seven Habits, to be more effective people yang ditulis oleh Stephen Covey. Mari kita bahas apa saja dependent - independent - interdependent.

Tahap Dependent (tergantung) bisa kita lihat saat anak kita masih bayi hingga berusia balita atau umur 5 tahun. Dalam fase dependent ini orangtua memiliki peran dominan sebagai penyedia kebutuhan anak-anak, baik kebutuhan fisik maupun psikologis. Orang tua memberikan sepenuhnya keamanan fisik dan kenyamanan psikologis.

Tahap berikutnya adalah Tahap Independent (mandiri). Kemandirian yang dimaksud adalah kemandirian identitas sebagai individu maupun kemandirian berkarya dan berkontribusi, tentunya melalui proses yang dijalani sangat panjang salah satunya di sekolah. Orangtua sebaiknya membantu dalam mencari identitas pribadi yang sehat, membangun karakter, sikap dan keterampilan untuk berkarya di masyarakat. Tahap Kemandirian ini harus sudah mulai ditanamkan saat anak berusia 6 tahun hingga 10 tahun.

https://spencerauthor.com/boost-collaboration/interdependent/

Dan tahap terakhir adalah Tahap Interdependent (saling tergantung). Orangtua perlu menyiapkan anak untuk mampu berempati dan mampu melihat dunia luas yang tak hanya berisi egonya dan kepentingannya. Anak harus merasa nyaman menjadi mandiri namun dalam waktu yang bersamaan menyadari bahwa dirinya merupakan bagian-bagian dari dunia yang lebih luas, dimana setiap orang mengambil peran, saling memberi dan menerima, sehingga akan tercipta saling ketergantungan.

Jika proses demi proses dalam setiap tahap ini berhasil dilakukan, maka anak akan dapat menaikkan kualitas pribadinya menuju fase saling-tergantung dan tidak menjadi egois atau selfish atau selfies.


Sumber :

http://www.taufanyanuar.com/2004/02/seven-habits.html

https://rumahinspirasi.com/3-tahap-perkembangan-kehidupan-anak/

No comments:

Post a Comment

Related Posts