Sunday, January 7, 2018

Huruf X

Mengapa huruf X mewakili yang tidak diketahui?

Tidak hanya digunakan dalam matematika, namun juga dalam hal umum, misalnya the X-prize, the X-file, project X, TEDx. Ilmu pengetahuan khususnya matematika dan teknik telah digunakan pada abad pertama Masehi yaitu oleh bangsa Persia, Arab da Turki. Yaitu yang kita sebut dengan Aljabar atau Al-Jebr.

Saat Aljabar sampai ke negeri Eropa yaitu bangsa Spanyol sekitar abad ke-11 dan 12 diterjemahkanlah ilmu pengetahuan dari bahasa Arab ke bahasa Spanyol.

Namun ada beberapa masalah misalnya terdapat beberapa pelafalan dalam bahasa Arab yang sulit dilafalkan oleh orang Eropa khususnya Spanyol. Tidak hanya sulit dilafalkan namun juga tidak ada huruf yang tersedia dalam huruf atau alfabet di Eropa.

Misalnya adalah huruf Shin atau Syin.

Shalan atau Syalan dalam bahasa Arab artinya sesuatu atau something dalam bahasa Inggris yang kita artikan sebagai hal yang tidak terdefinisi, yang tidak diketahui. Sehingga huruf Syin yang terdengar sebagai Syn perlu dikonversi yaitu seperti bunyi huruf CK.


Dalam bahasa Yunani klasik diterjemahkan sebagai Chi atau Kai, dan saat diterjemahkan ke bahasa Latin maka huruf Chi atau Kai atau Kie huruf Yunani ini menjadi X huruf Latin.

Dan akhirnya huruf X menghiasasi buku matematika.


Sumber :
Why is 'x' the unknown?
https://www.youtube.com/watch?v=YX_OxBfsvbk