Wednesday, December 23, 2020

Sepeda Rangka Chromoly

Sejak bulan September 2020 sudah mulai browsing-browsing sepeda. Bingung memilih antara road bike, mountain bike, city bike atau folding bike. Namun yang fix di-request adalah warnanya, yaitu warna kuning.

Pertengahan bulan Desember 2020, akhirnya disepakati yang akan dicari adalah folding bike. Dengan pertimbangan, bisa dibawa-bawa saat keluar kota. Dan untuk menunjang hal tersebut, mulai dicari sepeda lipat dengan ukuran roda dan ban 16 inchi.

Selain itu, yang perlu dipilih juga adalah design sepeda lipat dan bahan dari sepeda lipat.

Terdapat beberapa bahan untuk rangka sepeda, yaitu  alloy, hi-ten steel dan chromoly. Sepeda kelas premium memiliki rangka dari bahan karbon, titanium, alloy scandium, boron, lithium, keramik, atau rangka sepeda bambu. 

Bahan alloy adalah logam campuran dari aluminium, besi, nikel, zinc (seng) dan lainnya dicampur dengan komposisi dan metoda pembentukan pada suhu, tekanan yang berbeda akan menghasilkan logam yang berbeda. 

Hi-ten steel atau high tensile steel merupakan baja yang lebih kuat untuk menahan tekanan. Bahan Hi-Ten Steel atau baja, atau terkadang disebut dengan besi adalah bahan rangka dari logam besi dengan kadar karbon yang lebih rendah, yang dicampur dengan logam lain agar lebih keras, kuat, dan lebih anti karat. 


Bahan rangka Chromoly atau Cro-Moly adalah material campuran antara chromium alloy steel dan molybdenum. Chromoly merupakan logam transisi yang tahan karat, sedangkan Molybdenum merupakan logam yang kuat dan tahan panas. Campuran keduanya menghasilkan logam Chromoly yang kuat dan lebih tahan karat. Chromloy lebih kuat dibandingkan baja/steel (hampir 3x lipat).

Frame sepeda chromoly selain mempunyai kelebihan yang sama dengan rangka hi-ten steel, juga frmae chromoly mempunyai tube yang bisa lebih tipis sehingga sepeda lebih ringan, lebih mudah dibentuk sehingga menghasilkan bentuk frame yang lebih variatif dan aerodinamis. Chromoly juga elastis sehingga membantu menyerap dan menahan getaran/guncangan.


Sumber :

https://www.sepeda.me/parts/frame-sepeda/perbedaan-rangka-sepeda-alloy-hi-ten-steel-chromoly.html  

https://bmxunion.com/blog/what-is-4130-chromoly-and-heat-treating/

No comments:

Post a Comment

Related Posts