Monday, December 7, 2020

Captain is not a Leader

Tidak bisa dipungkiri bahwa Jose Mourinho adalah pelatih sepakbola yang mempunyai banyak akal dan banyak taktik, terlebih taktik Mourinho yang digunakan saat Inter Milan mengalahkan Barcelona pada tahun 2010 sehingga kemudian berhasil menjadi juara Liga Champion.

Secara gamblang Mourinho menjelaskan perbedaan antara Captain dan Leader. Ini sama halnya dengan definisi akan perbedaan antara Boss, Leader & Engineer.

Jose Mourinho menegaskan ada "perbedaan besar, besar" antara kapten dan pemimpin dan mengungkapkan bagaimana pengaruh mereka sangat menguntungkan pelatih. Karir manajemen terkenal bos Tottenham telah melihatnya di bangku cadangan di Manchester United, Inter Milan, Chelsea dan Real Madrid.

Bagi José Mourinho, tidak cukup hanya mengenakan pita di lengannya untuk mengatakan bahwa ia adalah pemimpin tim. Menjadi kapten dan mengenakan ban kapten tidak berarti menjadi seorang pemimpin. 

Orang mengasosiasikan membawa ban kapten dengan menjadi pemimpin tim. Tidak demikian. Seringkali kapten bukanlah pemimpinnya.Jika seorang pelatih memiliki tipe pemain sebagai leader di ruang ganti, maka kita dapat lebih fokus menjadi pelatih.

Mourinho menunjuk legenda Inter Javier Zanetti dan pahlawan Chelsea John Terry sebagai dua pemimpin terbaik. Selain itu juga Jorge Costa. Pernah suatu saat Mourinho pernah kalah 2-0 di akhir babak pertama melawan Belenenses dan hendak menuju ke ruang ganti. Sebelum masuk, Costa menyuruh saya menunggu di luar dua menit. 

Ketika Costa selesai berbicara lalu membiarkan saya masuk, saya hanya cukup berurusan dengan hal taktis saja, karena dia sudah mengurus sisanya. Dia melakukan semua yang seharusnya saya lakukan. Pada akhirnya kami memenangkan pertandingan itu dengan skor akhir 3-2.

Kapten dan pemimpin, ada perbedaan yang sangat besar.

"Anda tidak membeli pemimpin, Anda tidak membuat pemimpin. Ketika Anda memiliki mereka, tim Anda selangkah lebih maju.

"Tapi, yang terpenting, sekarang sepak bola penuh dengan citra dan orang-orang memberi lebih banyak perhatian pada orang-orang yang terlihat [seperti pemimpin daripada] yang sebenarnya."


Sumber :
https://www.fcinter.news/2019/12/08/mourinho-there-is-a-difference-between-captain-and-leader-zanetti-for-example/
https://www.sportbible.com/football/news-mourinho-explains-the-major-difference-between-a-captain-and-a-leader-20191215
https://sport.sky.it/calcio/fotogallery/2013/08/09/javier_zanetti_compleanno_40_anni.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts