Monday, December 7, 2020

Black Swan Theory vs Gray Rhino Theory

Awal bulan Mei 2020 banyak pengamat yang mengatakan bahwa virus Corona ini  merupakan 'Black Swan' yang akan mempengaruhi perekonomian global dunia. Diprediksi bahwa pandemi penyakit Covid-19 ini akan dapat menyebabkan ekonomi dunia terancam resesi panjang.

Dampak dari wabah tersebut akan ditafsirkan dan akan mengaitkan dampaknya terhadap nilai tukar, sehingga pasar keuangan sangat bereaksi terhadap aliran informasi tentang kejadian tak terduga semacam ini.

Adalah Nassim Nicholas Taleb, mantan broker pasar saham derivatif, dalam ilmu statistik yang mengenalkan istilah "Black Swan," yang digunakan untuk menekankan peristiwa langka yang tidak dapat diprediksi, yang berpotensi sangat mempengaruhi dunia keuangan dan sistem ekonomi global.

Secara historis, istilah Black Swan dikenal sebagai metafora di abad kedua melalui ungkapan Juvenal, seorang penyair dari Roma, dalam bangsa Romawi. Semula di dunia menyatakan bahwa angsa hanya berwarna putih dan tidak ada warna yang lain. 

Namun, kemudian Willem de Vlamingh, penjelajah asal Belanda menemukan angsa berwarna hitam di Australia bagian barat pada tahun 1697, hal ini menjadi fenomena yang mengejutkan ahli ornitologi (cabang zoologi yang mempelajari tentang burung).

Black swan theory terdapat 3 kriteria untuk mengidentifikasi peristiwa tersebut, yaitu :

  • Muncul secara mengejutkan
  • Berpengaruh besar
  • Setelah muncul dijelaskan oleh peninjauan ke belakang 

Namun beberapa pakar menyangkal bahwa kejadian ini bukan lah Black Swan Theory, namun lebih ke Gray Rhino Theory.

Apa lagi Gray Rhino Theory?

Seekor "Gray Rhino" adalah ancaman yang sangat mungkin terjadi, berdampak tinggi namun diabaikan: kerabat baik gajah di dalam ruangan maupun angsa hitam yang mustahil dan tidak terduga. Gray Rhino bukanlah kejutan acak, tetapi muncul setelah serangkaian peringatan dan bukti yang terlihat. 

Termasuk peristiwa Covid-19, menurut beberapa pakar hal ini adalah Gray Rhino yang jelas - skenario berdampak tinggi yang selalu sangat mungkin terjadi. Pandemi mengirimkan sinyal yang jelas bahwa ia bersiap-siap untuk mengisi daya, dan terlalu banyak orang yang memiliki kekuasaan untuk menghentikannya mengabaikan peringatan itu terlalu lama.

Berbeda dengan Black Swan Theory yang hanya muncul di belakang, Gray Rhino Theory berpandangan ke depan. Ini tentang secara aktif melihat apa yang ada di depan kita dan menantang diri kita sendiri untuk bertindak.

Alih-alih berfokus terutama pada mengapa masalah tidak segera dapat diselesaikan, prioritas kami perlu pada apa yang diperlukan, dari pemerintah dan masyarakat sipil, untuk mencegah Gray Rhino. Solusinya dimulai dengan pengaturan ulang ekspektasi.

Salah satunya adalah melalui Sustainable Development Goals yang telah memberikan peta jalan yang kuat untuk melacak inisiatif untuk mengatasi banyak risiko Gray Rhino yang masih dihadapi dunia: ketidaksetaraan, kelaparan, iklim, dan 14 upaya berharga lainnya.

Black Swan adalah peristiwa yang muncul sebagai kejutan, memiliki efek besar, dan sering kali dirasionalkan secara tidak tepat setelah kejadian tersebut dengan melihat ke belakang.

Sebaliknya, Gray Rhino sangat mungkin dan berdampak tinggi, namun diabaikan sebagai ancaman.

Seringkali kita mencoba memprediksi Black Swan berikutnya, namun kita lupa tentang Gray Rhino yang sedang mengejar kita, dengan kecepatan penuh.

Risiko hari ini mewakili sistem hubungan yang semakin kompleks dan saling berhubungan dengan efek berjenjang. Kita harus menjadi mahir dalam memahami cara memitigasi risiko konvensional yang dapat dengan mudah diisolasi dan dikelola.

Cara terbaik untuk memitigasi risiko ini adalah dengan mengimplementasikan program yang menangani keandalan, ketahanan, risiko, dan keberlanjutan dari perspektif pemikiran sistem. 


Sumber :

https://republika.co.id/berita/q9y9wy440/virus-corona-black-swan-baru-ekonomi-global

https://wartaeq.com/teori-black-swan-bercermin-dari-angkuhnya-ketidakmungkinan/

https://en.wikipedia.org/wiki/Black_swan_theory

https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Angsa_Hitam

https://thegrayrhino.com/the-national-the-difference-between-a-black-swan-and-grey-rhino/

https://www.wucker.com/writing/the-gray-rhino/

https://engageeic.com/blog/managing-risk-black-swans-grey-rhinos/

https://www.thenationalnews.com/opinion/to-avoid-the-next-pandemic-you-need-to-know-the-difference-between-a-black-swan-and-a-grey-rhino-1.1010262

1 comment:

Related Posts