Tuesday, December 1, 2020

Customer First Strategies

Customer First Strategies banyak didengung-dengungkan sebagai strategi perusahaan yang paling diutamakan dan yang paling pertama disebutkan. Namun kenyataan di lapangan sangat berbeda 180 derajat.

Mulai dari kurang ramah terhadap pelanggan, mengabaikan pelanggan, dan tidak menepati janji terhadap pelanggan.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, strategi Customer First Strategies adalah memikirkan pelanggan terlebih dahulu dalam segala hal yang Anda lakukan. Hal ini melibatkan perubahan budaya untuk menggerakkan organisasi ke arah ini. 

Customer First Strategies tidak hanya memikirkan tentang pelanggan, namun juga menjadi cara terbaik untuk melayani pelanggan sedemikian rupa sehingga menyenangkan pelanggan, sekaligus membuat senang karyawan dan pemegang saham.

Menjalankan strategi yang mengutamakan pelanggan tidak akan terjadi tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang perlu diubah, yaitu setidaknya ada 4 hal, yaitu :

  1. Being data driven
  2. Being Innovative
  3. Being collaborative
  4. Being agile

Pelanggan memang penting, namun disisi lain memprioritaskan kebutuhan mereka menjadi catatan tambahan untuk kualitas produk dan peningkatan penjualan. Dan, sebagian besar karyawan tidak mendukung strategi bisnis "mengutamakan pelanggan" karena pelanggan yang pertama terkadang berarti "karyawan yang kedua."

Sulit bagi karyawan untuk memprioritaskan pelanggan jika mereka sendiri merasa diremehkan. Dan sebaliknya; jika pelanggan tidak senang, karyawan tidak mungkin merasa puas dengan pekerjaan mereka.

Perusahaan perlu menemukan keseimbangan antara memprioritaskan kebutuhan pelanggan dan memenuhi tujuan bisnis. Selain itu juga Customer First Strategies perlu berfokus pada kebutuhan pelanggan dan karyawan. 

Sebuah organisasi bisa mencapai harmoni yang sempurna, dengan cara melakukan 7 langkah untuk beralih ke Customer First Strategies
  1. Understand your target audience.
  2. Recognize what customer needs you are fulfilling.
  3. Bring a customer-centric mindset to every team.
  4. Have a strong crisis communications plan.
  5. Think of innovative ideas to improve customer experience.
  6. Prioritize direct customer communications.
  7. Regularly survey customers.

Sumber :
https://customerthink.com/what-a-customer-first-strategy-is-and-what-its-not/
https://blog.hubspot.com/service/customer-first-strategy

Sumber foto :
https://twitter.com/jill_rowley/status/577906457468755968

No comments:

Post a Comment

Related Posts