Monday, December 14, 2020

Pisau Karambit

Karambit atau kerambit adalah pisau lengkung Indonesia kecil yang menyerupai pisau cakar. Karambit menjadi varian yang lebih kecil dari sabit atau celurit. Pisau karambit ini awalnya menjadi alat pertanian yang dirancang untuk mengumpulkan akar, mengumpulkan perontokan dan menanam padi. 

Pisau karambit awalnya merupakan senjata di kalangan masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat yang terinspirasi dari cakar harimau. Binatang buas yang menyeramkan, yang dulu sering berkeliaran di hutan Sumatera. 

Hal ini sejalan dengan petatah Sumatera Barat, “alam takambang jadi guru”, yang artinya "Alam terkembang dijadikan guru." Pada masa dahulu, senjata kerambit tersebut hanya diwarisi oleh para Datuk atau kalangan Raja, karena dianggap rahasia dan hanya untuk kalangan tertentu saja.

Catatan Eropa mengatakan bahwa tentara di Indonesia dipersenjatai dengan keris di pinggang atau punggung mereka dan tombak di tangan mereka, sedangkan karambit digunakan sebagai upaya terakhir ketika senjata pejuang lainnya hilang dalam pertempuran. 

Cara menggunakan pisau karambit adalah dengan memegang bilah mengarah ke bawah dari bagian bawah kepalan, biasanya melengkung ke depan namun sesekali ke belakang. Meskipun biasanya digunakan dalam gerakan menebas atau mengait, karambit dengan cincin jari juga digunakan dalam gerakan meninju lawan dengan cincin jari. 

Saat ini karambit digunakan untuk pertahanan diri, persiapan dan survival. Sehingga karambit banyak digunakan untuk backpacking, berkemah, memancing, bertani, berkebun dan berburu. Pisau karambit ini sering dipakai kalangan militer Asia Tenggara dan Amerika Serikat, bahkan menjadi senjata wajib personel US Marshal.

Pisau karambit juga pernah digunakan dalam aksi laga dari film The Raid 2: Berandal, yaitu saat adegan perkelahian antara Iko Uwais dan The Assasins yang menggunakan pisau kerambit. Sebelumnya lagi di film Merantau yang juga dibintangi oleh Iko Uwais, terlihat dalam adegan ketika Yuda (Iko) berlatih silat Harimau, seni beladiri dari ranah Minang menggunakan pisau karambit.

Kerambit makin populer pada tahun 2005, saat perusahaan besar AS seperti Emerson Knives dan Strider Knives membuat pisau kerambit, serta saat Steve Tarani yang mempunyai dasar kerambit dari Silat Cimande Sunda menjadi pelopor penggunaan kerambit.


Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Karambit

https://sarapanmatahari.wordpress.com/2017/11/24/kerambit/

https://www.minews.id/kisah/kerambit-pisau-mematikan-asli-indonesia-yang-dilupakan-prajurit-tni

https://merahputih.com/post/read/pisau-kerambit-senjata-tradisional-minangkabau-yang-diadopsi-tentara-amerika

https://pariwisataindonesia.id/budaya-dan-sejarah/karambit-minang-mematikan-senjata-tradisional-urang-awak-bacaan-17/

No comments:

Post a Comment

Related Posts