Sunday, December 27, 2020

Marketing Gajah

IKLAN

Iklan adalah pesan dari sesuatu seperti barang, jasa, produk jadi atau ide yang disampaikan melalui media yang ditunjukkan kepada masyarakat. Misalkan kita adalah pengelola sirkus, lalu kita tulis pada sebuah poster akan acara sirkus mulai dari lokasi, waktu dan beberapa isi sirkus yang akan menjadi pertunjukan.

PROMOSI

Lalu poster tersebut kita tempelkan pada gajah untuk berkeliling agar diketahui oleh masyarakat banyak.

PUBLISITAS

Publisitas adalah sesuatu yang mempunyai nilai berita. Misalnya, tanpa sengaja, gajah tersebut masuk di kantor Gubernur lalu mengacak-acak taman, hingga ke dalam kantor Gubernur.

PUBLIC RELATION

Lalu pemilik sirkus berdialog dengan Gubernur, lalu mereka berdua menjelaskan dan memaklumi kejadian tersebut. Tindakan tersebut adalah bentuk dari komunikasi dari sebuah narasi, yang disebut dengan Public Relation.

SALES

Lalu orang pada berdatangan ke sirkus, saat akan beli tiket kita bisa memilih tiket satuan, atau tiket paket keluarga dengan diskon khusus, lalu terdapat tiket terusan dengan bisa mendapatkan makanan secara gratis. Paket-paket tersebut disebut dengan Sales atau Penjualan.

BRANDING

Di setiap sudut mulai dari gajah tadi, di tempat parkir hingga di panggung sirkus tertempel logo. Saking menempelnya pada ingatan yang hadir, sehingga tahun depan saat orang melihat logo lagi tersebut, semua ingatan akan sirkus akan muncul lagi. Ini berarti branding telah berhasil.


Keseluruhan aktivitas dari Iklan - Promosi - Publisitas - Public Relation - Sales - Branding merupakan marketing.


Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=B17aCdN1drU

No comments:

Post a Comment

Related Posts