Friday, December 4, 2020

Dorayaki

Sebagai anak 90-an, pasti tidak asing dengan Doraemon. Dalam film serial yang ditayangkan di RCTI pada hari Minggu pagi itu, kita dikenalkan dengan beberapa budaya Jepang, termasuk dari segi makanan.

Ada 4 makanan favorit dari Jepang.

Pertama adalah Taiyaki. Taiyaki adalah salah satu roti khas Jepang yang berbentuk ikan, sama seperti dorayaki, kue ini dibuat dari adonan tepung terigu degan isian selai kacang merah, mirip dengan kue waffle Indonesia.

Kedua, kue Mochi. Kue mochi dikenal dengan warna dan bentuknya sangat imut. Kue ini dibuat dari tepung beras dengan tekstur yang kenyal.

Ketiga kue Dango, kue yang dibuat dengan tepung beras yang diolah mirip dengan mochi, bedanya, setelah dango direbus, dango yang berbentuk bulat ini kemudian ditusuk dengan tusukan sate dari bambu dan kemudian di bakar, sebelum akhirnya dimakan. 

Keempat kue Dorayaki, tentunya kue ini sangat familiar, terutama bagi penggemar film kartun Doraemon, karena kue ini menjadi kesukaan Doraemon. Dorayaki kini banyak ditemukan di minimarket-minimarket.

Dorayaki merupakan kue tradisional di negara Jepang. Bentuk kue ini bundar dan sedikit mengembung. Kue ini dibuat dari dua lembar pancake yang direkatkan dengan selai kacang merah atau teh hijau. Dorayaki di Indonesia ini sudah disesuaikan dengan selera lokal, seperti rasa coklat, keju,bluberi, stroberi, kacang merah, dan srikaya.

Nama dorayaki ini berasal dari kata dalam bahasa Jepang, yaitu dora yang berarti gong, dan yaki yang berarti dimasak dengan panas kering.

Konon, dorayaki pertama kali muncul berkat seorang samurai bernama Saito Musashibo Benkei yang tinggal di Gunung Hiei. Dorayaki ini adalah ungkapan dari rasa terima kasihnya pada penduduk yang telah merawatnya setelah mengalami cedera serius setelah pertempuran.

Pada tahun 1914, perusahaan kue Usagiya memperkenalkan dorayaki yang dibuat dari adonan castella dan terdiri dari dua lembar panekuk. Dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan berbentuk bundar kemudian menjadi populer di seluruh Jepang. Di daerah Kansai (Osaka atau Nara), kue ini juga dikenal dengan nama mikasa.


Sumber :

https://bomanta.com/jepang/3-makanan-favorit-doraemon-selain-dorayaki/

https://id.wikipedia.org/wiki/Dorayaki

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/devi-latifah/5-fakta-sejarah-dorayaki-kue-favorit-doraemon-yang-maknyus-exp-c1c2/5

https://bobo.grid.id/read/081975265/jadi-makanan-favorit-doraemon-sebenarnya-dorayaki-itu-apa-ya?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts