Thursday, December 10, 2020

Selamat Hari Gunung Sedunia!

Sebagai seorang yang berkepribadian introvert, maka untuk liburan pun juga menyukai suasana yang hening. Suasana sepi dan hening ini dapat meningkatkan kembali energi agar bisa lebih fresh. Namun meskipun sepi, liburan ke gunung memiliki lebih banyak tantangan dan rintangan yang harus dilalui. 

Butuh tekad dan ambisi yang kuat agar tidak mudah menyerah dalam proses untuk mencapai puncak atau ketinggian tertentu. Dengan usaha dan pengorbanan ini maka akan ada rasa puas saat berlibur ke gunung.

Tantangan dan suasana yang nyaman serta wisata gunung memiliki sifat yang cenderung lebih realistis. 

Dan kebetulan hari Jumat ini, tanggal 11 Desember bertepatan sebagai Hari Gunung Internasional, yang telah ditetapkan pada tanggal tahun 2002 oleh PBB. 

Diharapkan dengan adanya Hari Gunung Internasional masyarakat dan mengerti pentingnya pengembangan gunung yang berkelanjutan. Serta diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hal yang berpotensi membahayakan eksistensi gunung dan diharapkan dapat tercipta kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya pegunungan bagi kehidupan.

Meskipun gunung "hanya" menjadi rumah bagi 15% populasi manusia, dan "hanya" menjadi 25% hewan darat dan tumbuhan, namun gunung dan pegunungan menyediakan sumber air minum utama untuk hidup semua manusia.

Untuk itu kita harus menjaga dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak meninggalkan jejak sampah di gunung. Misalnya dengan membawa kembali sampah dari puncak gunung untuk selanjutnya dibuang di tempat sampah yang ada di bawah kaki gunung.

Karena sampah yang dibuang sembarangan dapat menghambat daya serap tanah, dapat mencemarkan sumber air, dan dapat  yang diakibatkan dari adanya sampah organik bekas makanan. Tak hanya berhenti di situ, dampak dari berbahayanya sampah juga membahayakan hewan.


Sumber:

https://www.facebook.com/Waste4Change/posts/2509515389373102

https://www.greeners.co/agenda-lingkungan-hidup-desember/hari-gunung-internasional/

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4036647/suka-liburan-di-gunung-atau-pantai-cari-tahu-kepribadianmu-di-sini

https://aceh.tribunnews.com/2019/12/27/pbb-tetapkan-11-desember-sebagai-hari-gunung-sedunia-ekosistem-penting-bagi-manusia-dan-satwa-liar?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts