Friday, March 24, 2017

Vanity

John Milton: Vanity, definitely my favorite sin.
Kesombongan, pasti dosa favorit saya.

Diatas merupakan dialog dari film Devil's Advocate, dimana seorang pengacara yang dipengaruhi oleh setan atau iblis. Di tengah film pengacara yang selalu menang tersebut akhirnya menjadi sombong. Dan kesombongan adalah dosa favorit dari sang devil.

Kesombongan bukan hanya dosa favorit tapi kesombongan juga merupakan dosa pertama yang dilakukan Iblis dalam bermaksiat kepada Allah. Kesombongan pula yang menyeret Iblis untuk menjadikan takdir sebagai alasan terus-menerus sombong.
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam!,” Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir”. 
[Al-Baqarah/2: 34]


Dan dengan kesombonngannya Iblis menjawab:

“Aku lebih baik darinya: Engkau ciptakan aku dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah.". (Al-A’raf: 12)


Iblis merupakan asal mula jin, sebagaimana Adam sebagai asal mula manusia. Iblis adalah abul jin (bapak para jin). Sedangkan setan, mereka adalah kalangan jin yang durhaka. Kesombongan itu datang karena hati tidak memiliki iman yang kuat. Jika Kamu ingin terhindar dari sifat sombong, maka kuatkanlah imanmu kepada-Nya.


Sumber :
http://www.imdb.com/title/tt0118971/quotes
https://almanhaj.or.id/2640-tidak-sepantasnya-manusia-menyombongkan-diri.html
http://asysyariah.com/perbedaan-antara-jin-setan-dan-iblis/
http://www.zallegiance.com/2016/03/kata-kata-bijak-tentang-sombong.html