Saturday, March 18, 2017

Beauty and the Beast

Bagi generasi tahun 90-an, salah satu film animasi yang terkenal adalah Beauty and the Beast yang rilis tahun 1991. Beauty and the Beast adalah film animasi tahun Amerika Serikat diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation. Film animasi klasik Walt Disney ini merupakan adaptasi dari cerita Beauty and the Beast, yang berkisah tentang cinta seorang gadis cantik bernama Belle dapat mengubah Beast menjadi manusia.

Berikut adalah sinopsis Film Beauty and the Beast (1991).

Film Beauty and the Beast bermula dari seorang peri menyamar menjadi seorang wanita tua yang ingin menginap di istana pangeran dengan bayaran setangkai mawar. Ketika sang pangeran mengusirnya, peri itu marah dan mengutuknya menjadi binatang atau Beast serta para pelayan juga dikutuk menjadi perabotan rumah tangga. 

Sang peri memberi Beast mawar, dimana pada ulang tahun ke-21 Beast, kelopak mawar terakhir akan jatuh. Apabila sebelum kelopak mawar terakhir jatuh, Beast mencintai seseorang dan cintanya dibalas, Beast dan pelayan-pelayannya akan berubah menjadi manusia. 

Dibelahan dunia lain seorang gadis cantik bernama Belle tinggal di Perancis bersama ayahnya Maurice yang merupakan seorang penemu. Terdapat seorang pemburu sombong bernama Gaston berusaha meminang Belle, namun Belle menolak lamarannya.

Suatu ketika Maurice dalam bahaya di hutan karena tersesat dan dan diserang serigala, kemudian menyelamatkan diri dengan masuk ke istana Beast. Beast marah dan mengurung Maurice. Belle bersedia menukar dirinya dengan ayahnya, menjadi tawanan Beast. Beast memberi Belle kamar sendiri dan mengizinkan Belle ke semua ruang di istana kecuali West Wing, kamar Beast.


Lumiere, salah satu pelayan Beast, paling berambisi untuk menjadi manusia lagi. Belle berkenalan dengan Wardrobe dan Ibu Potts serta anak-anak Ibu Pot. Di suatu malam Belle tur keliling istana bersama Lumiere dan Cogsworth.

Belle malah tertarik ke West Wing. Saat dia masuk ke sana, Belle menemukan bunga mawar Beast. Dia membuka penutupnya dan saat yang bersamaan, Beast datang dan membentak Belle untuk pergi. Belle terkejut. Dia memutuskan untuk meninggalkan Beast tidak peduli janjinya.

Di hutan, Belle diserang serigala. Untunglah Beast segera datang menyelamatkannya, tetapi Beast sendiri malah terluka. Belle mengurung niatnya untuk kabur dan membawa Beast kembali ke istana. Belle membalut luka Beast, berterimakasih pada Beast. Sejak itu, hubungan mereka mulai membaik.

Beast hendak memberi Belle kejutan, yaitu sebuah perpustakaan. Belle sangat gembira ketika dia mendapat kejutan ini.

Selanjutnya, Belle dan Beast sarapan bersama. Belle mengajari tata cara makan pada Beast. Merekapun bermain salju dengan burung-burung. Mereka juga membaca buku bersama.

Beast mengadakan sebuah pesta dansa romantis untuk Belle. Keduanya berdandan. Belle mengenakan gaun kuningnya yang menjadi ciri khasnya. Setelah makan malam, Belle dan Beast berdansa dengan lagu Beauty and the Beast mengalun. Seusai dansa, Belle dan Beast pergi ke balkon.

Beast hendak menyatakan cintanya pada Belle namun dia belum berani. Belle malah teringat ayahnya. Beastpun menunjukkan cermin ajaibnya pada Belle sehingga Belle dapat melihat kondisi ayahnya. Ternyata Maurice sakit. Belle ingin menjenguknya. Beast, hatinya sudah menjadi lembut, membebaskan Belle dari tawanannya.


Di desa Belle dan ayahnya berhadapan dengan Gaston yang jahat. Gaston mengetahui bahwa Belle terlihat mencintai Beast sehingga Gaston menghasut penduduk bahwa Beast itu jahat dan akan mencuri anak-anaknya.


Gaston berusaha menyerang Beast, pada akhirnya Beast memenangkan peperangan, namun Beast memaafkan Gaston dan melepaskannya. Gaston dengan licik menusuk Beast dari belakang. Belle mengira Beast sudah meninggal. Dia mengakui bahwa dia mencintai Beast sebelum kelopak mawar terakhir jatuh. Beast berubah menjadi manusia dan seluruh istana menjadi indah kembali, begitu pula para pelayan menjadi manusia lagi. 



Lalu bagaimana cerita Beauty and the Beast (2017)?

Akankah hasilnya akan seperti versi live-action film fantasi Alice in Wonderland, Maleficent, Cinderella, dan The Jungle Book.

Belle adalah seorang gadis muda yang pintar, cantik dan mandiri. Suatu hari Belle pergi untuk mencari ayahnya, Maurice yang ternyata disekap di dalam sebuah kastil tua oleh mahluk mengerikan dan buruk rupa, Beast. Belle bersedia melakukan pertukaran untuk kebebasan ayahnya Maurice. 

Belle sangat terkejut ketika menyadari jika benda-benda di dalam kastil itu hidup dan dapat berbicara. Meskipun ketakutannya, ia berteman dengan pekerja yang terpesona di benteng dan belajar untuk melihat untuk melampaui eksterior Beast untuk mengenali hati dan jiwa dari Pangeran.

Rasa takut dalam diri Belle tidak membuatnya menyerah, dia juga berusaha berteman dengan penghuni sekaligus Beast. Lambat laun Belle menyadari kebaikan hati sekaligus kelembutan dalam diri Beast yang merupakan seorang pangeran namun dikutuk oleh seorang penyihir. 

Ketika ia mulai dekat dengan Beast, para penduduk kota telah melakukan persiapan untuk menyerang kastil Beast demi menolong Belle.


Terlepas dari film tersebut, ada yang menarik dari cerita Beauty and the Beast, dimana cerita tersebut diadaptasi dari novel La Belle et la Bête (1740) yang berhasil ditemukan peneliti di Universitas Durham dan Lisbon, yang berarti, cerita tentang Beauty and the Beast sudah ada sejak 4000 tahun. Novel ini dipublikasikan tahun 1740 karangan Gabrielle-Suzanne Barbot de Villeneuve.

Cerita ini terus berkembang dari mulut ke mulut yang diceritakan oleh orangtua untuk anak-anaknya. hingga akhirnya dibukukan. adalah Jeanne-Marie Leprince de Beaumont sastrawan dari Prancis sekaligus penulis novel tersebut.

Namun setelah dilakukan penelitian ada beberapa fakta menarik yang ditemukan dari cerita Beauty and the Beast. Yaitu Petrus Gonsalvus, seorang bangsawan Spanyol di abad-16 yang mengalami hypertrichosis, dimana penderita mengalami pertumbuhan bulu yang ekstrem. Di masa itu, penyakit tersebut dianggap langka dan aneh. Akhirnya, sang bangsawan ditempatkan di sebuah pulau terpencil.

Sang bangsawan berteman dengan Raja Henry II (tak diketahui apakah Henry dari Inggris atau Prancis) yang memberikan perlindungan terhadapnya. Bahkan, Raja Henry mengenalkan bangsawan yang sosoknya ditumbuhi bulu lebat dengan seorang wanita cantik bernama Catherine. Akhirnya, Petrus dan Catherine menikah.


"Beauty And The Beast"
 
Tale as old as time
True as it can be
Barely even friends
Then somebody bends
Unexpectedly
 
Just a little change
Small to say the least
Both a little scared
Neither one prepared
Beauty and the Beast

Ever just the same
Ever a surprise
Ever as before
And ever just as sure
As the sun will rise


Tale as old as time
Tune as old as song
Bitter-sweet and strange
Finding you can change
Learning you were wrong

Certain as the sun
Certain as the sun
Rising in the east
Tale as old as time
Song as old as rhyme
Beauty and the Beast

Tale as old as time
Song as old as rhyme
Beauty and the Beast

Beauty and...
Beauty and the Beast

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Beauty_and_the_Beast_(film_1991)
https://id.wikipedia.org/wiki/Beauty_and_the_Beast_(film_2017)
http://showbiz.liputan6.com/read/2654928/yakin-penuh-kejutan-ini-6-fakta-beauty-and-the-beast
http://breaktime.co.id/entertainment/movie/10-fakta-tersembunyi-di-balik-beauty-amp-the-beast.html
https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/10-fakta-beauty-beast-yang-bikin-kamu-tercengang/
http://www.bbc.com/indonesia/trensosial-39265073
http://www.youthmanual.com/post/review/ini-dia-alasan-kenapa-film-disney-beauty-and-the-beast-layak-ditunggu-dan-harus-dibahas-dari-sekarang