Thursday, March 30, 2017

Wreck of The Titan

Wreck of The Titan atau Futility adalah novel karya dari Morgan Robertson tahun 1898 yang menceritakan tentang sebuah kapal besar dengan nama "Titan" yang berlayar dari Southampton Inggris menuju New York City Amerika Serikat, dimana saat perjalanan tenggelam di Atlantik Utara karena menabrak sebuah gunung Es.

Novel Wreck of The Titan ini terbit 14 tahun sebelum kejadian Kapal Titanic yang legendaris.


RMS Titanic adalah kapal yang dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal Titanic ini merupakan kapal penumpang super Britania Raya yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912 setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City.

Tragedi kapal Titanic diangkat menjadi sebuah film epik dan  roman pada tahun 1997 yang disutradarai oleh James Cameron, serta diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Cameron mendapat inspirasi karena daya tarik terhadap bangkai kapal RMS Titanic.

Baik kapal Titan versi novel Wreck of The Titan ataupun kapal Titanic yang asli sama-sama mengklaim bahwa kapal mereka anti tenggelam oleh produsen dari Inggris. Namun kapal anti tenggelam tersebut akhirnya tenggelam karena menabrak sebuah gunung es yang terletak sekitar 400 mil dari Newfoundland saat melaju melaju dalam kecepatan tinggi, sekitar 25 Knot.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Futility,_or_the_Wreck_of_the_Titan
https://id.wikipedia.org/wiki/RMS_Titanic
https://id.wikipedia.org/wiki/Titanic_(film_1997)
http://www.evogood.com/2015/04/7-ramalan-tragedi-titanic-yang-ada.html?m=1
https://pustakaby.wordpress.com/2013/08/02/wreck-of-the-titan-kemiripan-sebuah-novel-atas-tragedi-titanic/