Friday, March 31, 2017

Tertipu

Mendengar cerita istri dimana temannya tertipu mentah-mentah hingga 100 juta rupiah, menjadi sangat tidak masuk akal dikarenakan hal sepele diluar dugaan. Namun membaca berita baik di media cetak maupun media massa lainnya seperti di TV, banyak modus yang digunakan penipu yang rasanya simpel.

Namun kita tidak akan membahas modus operandinya, namun kita akan membahas mengapa beberapa orang mudah tertipu. Berikut adalah alasan orang mudah tertipu agar menjadikan kita mawas diri.
  1. Ego tinggi. Orang yang memiliki ego tinggi, maka cukup dengan sedikit pujian dan tantangan ego terutama dari lawan jenis maka dapat membuat orang tersebut klepek-klepek termakan egonya.
  2. Iba. Memberi, empati dan iba pada dasarnya merupakan hal yang baik. Namun akan menjadi hal yang bijak jika kita pada orang yang tepat. 
  3. Membaca karakter lawan bicara. Dibutuhkan softskills berupa komunikasi antar personal, body language, gesture dan komunikasi non-verbal lainnya.
  4. Shodaqoh. Harta yang kita miliki memang harus dikeluarkan untuk zakat, infak dan shodaqoh. Jika kita tidak mengeluarkannya kepada yang berhak, maka Allah pasti akan 'memaksa' Anda untuk mengeluarkannya dengan berbagai jalan.
Secara umum korban yang sering terkena tipu adalah wanita. Lalu bagaiman ciri-ciri wanita yang mudah tertipu. Berikut beberapa ciri-ciri wanita yang mudah tertipu :
  1. Manja. Sebenarnya sifat manja pada wanita adalah wajar. Namun jika berlebihan menjadi signal bagi penipu karena termasuk kategori mudah untuk di jadikan target. Penipu cukup memberikan perhatian dan kasih sayang dalam menjebak wanita tersebut.
  2. Tidak serius. Wanita yang termasuk kategori tidak serius dalam hal apa saja, terlihat bahwa wanita tersebut hanya sekedar mencari kesenangan sesaat. Misalnya dalam hal asmara, dia akan mudah keluar masuk sehingga menjadikan dia target mudah untuk ditipu.
  3. Wanita centil. Sedikit gombalan saja misalnya dengan sanjungan dan pujian, maka tipe wanita seperti ini akan mudah sekali tertipu dengan sedikit bujuk rayu. 


Sumber :
https://lebihtau.com/lifestyle/ciri-ciri-wanita-mudah-tertipu/
http://www.kompasiana.com/choiron/mengapa-seseorang-mudah-ditipu_5517270d8133118a669de280