Monday, March 13, 2017

Aki Mobil Tekor

(Artikel tentang aki sebelumnya adalah Persiapan Mudik dan Medan Magnet di Atas Rel serta Aki : Umur, Tanda Soak dan Perawatan).

Paling menyebalkan adalah saat bepergian keluar kota, ditempat yang terpencil pula, kemudian mobil mogok. Saat akan didorong tidak ada orang yang bisa membantu. Untuk menghubungi bengkel terdekat tidak ada, kalau pun ada lumayan jauh.

Beruntung penyebab mobil mogok adalah aki tekor dan beruntung lagi jalanan tempat mobil mogok adalah turunan, sehingga mobil didorong sedikit kemudian langsung masukkan gigi 2. Dan alhamdulillah mobil bisa menyala lagi.

Produsen aki umumnya merancang aki basah memiliki masa pakai hingga 2 tahun. Namun umur aki bisa kurang dari 2 tahun atau aus atau tekor. Ada beberapa penyebab aki cepat rusak, yaitu sebagai berikut :
  1. Telat mengisi air aki, disarankan mengisi air aki minimal sebulan sekali.
  2. Alternator lemah, atau dynamo ampere yaitu alat yang menjadi pembangkit energi listrik yang diisikan ke aki, aus karena faktor usia pemakaian, jika tidak segera diganti akan berdampak pada aki.
  3. V-belt bermasalah, jika tingkat ketegangan V-belt tidak tepat, maka akan memicu aki cepat rusak, misalnya ketegangan V-belt terlalu tinggi maka putaran di roda alternator juga semakin kencang, sehingga arus listrik yang dihasilkan jauh di atas rata-rata.
  4. Penggunaan peranti elektronik yang berlebih, yang dapat mengakibatkan semakin banyak menyedot arus listrik, dan jika tidak diimbangi oleh pasokan arus listrik dari alternator ke aki, maka aki akan cepat rusak.
  5. Hubungan arus pendek listrik.

Lalu bagaimana cara mengatasi aki yang tekor? Ada beberapa tips untuk mengatasi aki yang tekor, diantaranya ada 3 tips yaitu :
  1. Dengan air panas.
  2. Bubuk EDTA.
Mari kita bahas satu per satu

Dengan air panas
  1. Rebus 3 (tiga) liter air hingga mendidih, apabila telah mendidih diamkan sekira 30 menit untuk menghindari panas air yang berlebihan.
  2. Buka semua tutup cairan aki, kemudian buang semua airnya.
  3. Apabila telah terkuras habis, masukan air yang panas tadi. Lalu isi sebagian saja, lalu tutup semua lubangnya kembali dengan penutup semula.
  4. Goyang/kocok aki tersebut sampai air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam. Tujuan dari pengocokan aki tersebut merupakan untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element aki. Disamping itu, pemberian air panas tersebut bertujuan juga untuk menghidupkan kembali element yang telah mati.
  5. Jika air yang ada didalam aki telah terlalu hitam serta pekat, dibuang dulu, kemudian ulangi lagi dari langkah 3.
  6. Ulangi hingga air yang ada didalam aki bersih.
  7. Masukan air aki tipe Zuur, supaya lebih optimal diamkan sekira 4-6 jam baru dipakai untuk starter mobil.

Dengan bubuk EDTA
  1. Cara kedua memakai bubuk Tetrasodium EDTA dengan kode : Na4-EDTA. Bubuk ini bisa dibeli di toko-toko yang menjual alat-alat kimia (harga Rp.70.000.- per kg). 
  2. Bubuk EDTA bertujuan sebagai ‘vitamin’ untuk menambah / menguatkan elemen-elemen yang ada dalam accu/aki. 
  3. Mobil bisa digunakan selagi 1 (satu) hari, seusai itu aki kembali soak.



Sumber :
https://otomotif.tempo.co/read/news/2011/04/19/123328659/inilah-lima-penyebab-utama-aki-mobil-cepat-aus
http://www.dapurmodifikasi.com/2015/04/cara-mengatasi-aki-tekor-terlengkap.html
http://www.kompasiana.com/saifulys/3-cara-mengatasi-accu-mobil-soak-dengan-air-panas-bubuk-edta-dan-kertas-merah_55190e9ca333118214b6592b