Thursday, March 30, 2017

Marquee Player

Definisi dari marquee player berdasarkan versi PSSI adalah pemain yang yang pernah bermain di Piala Dunia selama tiga putaran terakhir atau liga top dunia, serta berumur di bawah 35 tahun. Marquee player atau designated player mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemasaran olahraga secara keseluruhan di negara tersebut.

Contoh pengaplikasian marquee player di negara lain adalah Liga Australia (A-League), dimana team dipersilakan mengontrak pemain seperti Alessandro Del Piero, William Gallas, dan David Villa. Uniknya mereka mempunyai Australian Marquee sendiri atau Marquee Player yang berasal dari Australia. Yaitu Harry Kewell dan Tim Cahill.


MLS Amerika Serikat yang mengontrak banyak pemain berbakat atau designated player dari Eropa, mulai dari David Beckham ke Los Angeles Galaxy pada 2007, kemudian dilanjutkan oleh Didier Drogba, Kaka, Frank Lampard, hingga Steven Gerrard.

Liga sepak bola India dengan marquee player seperti Alessandro Del Piero, Robert Pires, Adrian Mutu, Nicolas Anelka, David Trezeguet, hingga Roberto Carlos.

Bagaimana di Indonesia?

Michael Essien adalah marquee player pertama musim ini, milik Persib Bandung, memang masih berusia 34 tahun. Michael Essien adalah pemain internasional Ghana yang memperkuat lini tengah dan terkenal di klub Chelsea.

Kemudian masih dari klub yang sama yaitu Persib Bandung baru-baru ini mendatangkan marquee player Carlton Cole, pesepakbola 33 tahun itu, dengan tujuh caps tim nasional Inggris dan kondang bersama klub West Ham United. Cole didatangkan Persib dalam usaha menajamkan lini depan.



Sumber :
http://panditfootball.com/sains-bola/208152/DGA/170323/salah-kaprah-istilah-marquee-player-di-indonesia
http://www.cnnindonesia.com/olahraga/20170330135557-142-203742/demam-marquee-player-merambah-indonesia/
http://bolindonews.com/liga-indonesia/perbedaan-marquee-player-di-liga-indonesia-dengan-liga-australia/
http://bola.liputan6.com/read/2903557/pssi-bolehkan-tim-liga-1-pakai-5-marquee-player
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/3460098/persib-perkenalkan-carlton-cole-sebagai-pemain-barunya

No comments:

Post a Comment

Related Posts