Thursday, April 16, 2020

Jump

Perbedaan Melompat dan Meloncat


Ikut belajar bareng anak untuk menghadapi ujian PJOK menjadikan kita belajar lagi mengenai materi olahraga yang dulu pernah dipelajari di bangku sekolah. Salah satunya adalah melompat dan meloncat, dimana 2 hal tersebut adalah berbeda.

Memang pada dasarnya melompat dan meloncat adalah gerakan yang menyebabkan adanya dorongan hingga tubuh bergerak ke atas dengan waktu yang cepat. Namun ada perbedaan antara melompat dan meloncat, mari kita bahas berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI
Lompat atau melompat adalah melakukan gerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah, ke atas) dan dengan cepat menurunkannya lagi.
Loncat atau meloncat adalah gerakan melompat yang dilakukan dengan kedua atau keempat kaki secara bersama-sama (seperti katak dan kelinci).
Jadi dari dua pengertian di atas, dapat diketahui kalau perbedaan dari melompat dan meloncat terletak pada tumpuan atau kaki yang digunakan sebagai tolakan gaya. Yaitu terletak pada tumpuan atau kaki yang digunakan untuk mendorong tubuh bergerak, teman-teman.

Saat melompat, kaki yang digunakan sebagai tumpuan tolakan gaya dan memberikan kekuatan untuk bergerak hanya satu kaki saja. Sementara untuk meloncat, kita harus menggunakan semua kaki sebagai tumpuan tubuh untuk bergerak.

Penjelasan lebih lanjutnya adalah melompat berarti melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan salah satu kaki sebagai tumpuan. Efek yang ditimbulkan dari gerakan ini adalah gerakan yang mengarah ke depan seperti melangkah dengan cepat. Sedangkan meloncat yang merupakan melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan semua kaki sebagai tumpuan dan menimbulkan efek gerakan ke atas.

Selain itu juga terdapat perbedaan pada penggunaan energi yang digunakan pada saat melompat dan meloncat juga berbeda. Untuk melompat, energi yang digunakan lebih sedikit karena kita bergerak ke depan serta hanya menggunakan satu kaki saja. Meloncat membutuhkan lebih banyak energi karena gerakan yang dihasilkan adalah gerakan ke atas atau melawan gravitasi.

Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di berbagai ajang olahraga, untuk melompat dan meloncat adalah sebagai berikut :

Cabang olahraga lompat jauh.
Cabang olahraga loncat indah.


Sumber :
https://www.statisticssolutions.com/jump/
https://bobo.grid.id/read/081734327/sering-sulit-dibedakan-apa-perbedaan-melompat-dan-meloncat?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts