Wednesday, April 15, 2020

Vitruvian Man


Vitruvian Man atau Manusia Vitruvian atau L'Uomo Vitruviano adalah lukisan Leonardo da Vinci sekitar tahun 1490 yang berdasarkan catatan karya arsitek Vitruvius, yang menggambarkan seorang pria dalam dua posisi yang tumpang tindih dengan tangan dan kakinya berjauhan dan terlukis dalam lingkaran dan persegi.

Marcus Vitruvius Pollio, lahir sekira 80 BC, adalah arsitek Romawi kuno menghasilkan karya Vitruvius dalam Buku III dari risalahnya De architectura, yang sekarang dikenal sebagai The Ten Books on Architecture.

Lukisan Vitruvian Man merupakan korelasi proporsi tubuh manusia yang ideal dengan geometri sosok manusia sebagai sumber utama proporsi antara tatanan klasik arsitektur, yaitu dimana tubuh yang ideal harus memiliki tinggi delapan kepala.

Dalam lukisan tersebut tertulis, "Pada zaman dahulu disebut, manusia sebagai miniatur dunia. Sebuah anggapan yang sesuai, karena manusia terdiri dari tanah, air, udara, dan api. Tubuhnya menyerupai Bumi.

Da Vinci menggunakan ide vitruvius ini untuk secara metafora memecahkan masalah “membuat persegi yang luasnya sama seperti lingkaran” dengan bantuan figur manusia sebagai area dari kedua bangun datar.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Manusia_Vitruvian
https://jurnaldetektif.blogspot.com/2018/05/menguak-arti-vitruvian-man.html
https://www.liputan6.com/global/read/831307/benjolan-di-pangkal-paha-vitruvian-manbukan-manusia-sempurna

No comments:

Post a Comment

Related Posts