Wednesday, April 1, 2020

Perang Dunia I

Banyak pengamat politik dan ekonomi mengatakan bahwa tahun 2020 ini terjadi Economic Warfare sebagai Perang Dunia III. Dimana perang ekonomi ini dicetus perang tarif dagang oleh 2 negara adidaya yaitu Amerika Serikat melawan China.

Baru saja usai perang tarif antara Amerika Serikat melawan China, perang ekonomi dilanjutkan dengan mewabahnya virus corona Covid-19.


Lalu bagaimana dengan Perang Dunia I sebelumnya?

Terdapat beberapa penyebab yang menjadi pecahnya Perang Dunia I, yaitu sebagai berikut:
  1. Pertentangan antarnegara Eropa, sebelum Perang Dunia I pecah, beberapa negara di Eropa sudah mengalami pertentangan, seperti pertentangan antara Inggris dan Jerman dalam bidang industri, pertentangan Serbia dengan Austria-Hongaria mengenai perebutan wilayah.
  2. Persekutuan pada beberapa negara Eropa, beberapa negara Eropa membentuk aliansi sejak tahun 1882 berdiri Aliansi Tiga (terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia), tahun 1907 berdiri Entente Tiga (terdiri dari Inggris, Prancis, dan Rusia).
  3. Persaingan persenjataan, tiap aliansi memproduksi senjata dalam jumlah yang berlebihan sekaligus terjadi persaingan persenjataan dengan melakukan uji coba persenjataan untuk menguji senjata siapa yang paling kuat.
  4. Tewasnya Franz Ferdinand, yaitu putra mahkota kekaisaran Austria-Hongaria pada tanggal 28 Juni 1914, yang dibunuh oleh orang Serbia yang bernama Gavrilo Princip, yang kemudian membuat Austria-Hongaria menyerang Serbia pada tanggal 28 Juli 1914, 
  5. Ikut campurnya negara di Eropa pada perang Serbia dan Austria-Hongaria, dimulai dari Rusia yang membantu Serbia untuk menyerang Austria-Hongaria. Jerman pun kemudian membantu Austria-Hongaria melawan Serbia dan Rusia. Anggota aliansi Rusia yaitu Prancis dan Inggris juga ikut menyerang Jerman. 

Perang Dunia I adalah perang global di Eropa sejak tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918, yang melibatkan semua kekuatan besar dunia yaitu aliansi Blok Entente atau Sekutu yang terdiri dari Britania Raya, Prancis, dan Rusia (kemudian menyusul belakangan Serbia, Yunani, Portugal, Rumania, Italia dan Amerika Serikat) melawan Blok Sentral yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia (kemudian belakangan bergabung Turki Ottoman dan Bulgaria).

Kedua aliansi ini melakukan reorganisasi dimana Italia berada di pihak Sekutu dan memperluas diri saat banyak negara ikut serta dalam perang.

Perang Dunia I ini membuka jalan untuk berbagai perubahan politik seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat.

Perang Dunia I dimulai ketika pada bulan November 1912, Rusia dipermalukan oleh ketidakmampuannya untuk mendukung Serbia selama krisis Bosnia pada 1908 dan Perang Balkan I, sehingga kemudian mengumumkan rekonstruksi militernya secara besar-besaran.

Jenderal von Moltke dari Jerman menyatakan bahwa Jerman tidak bisa memenangkan perlombaan senjata dengan Prancis, Inggris dan Rusia sebab struktur keuangan dari negara dikarenakan pemerintahan Reich sangat sedikit kekuasaan atas pajak, dan hal tersebut berarti Jerman akan membangkrutkan negara mereka sendiri dalam perlombaan senjata.

Perang Dunia I menjadi perang yang paling destruktif dalam sejarah modern, dimana hampir 10 juta serdadu tewas.

Selain itu, Perang Duni I sudah mengakibatkan beberapa dampak sebagai berikut :

  1. Lahirnya Liga Bangsa Bangsa (LBB), cikal bakal PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) yang diprakarsai oleh presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson, setelah konferensi Perdamaian di Paris pada tahun 1919.
  2. Keruntuhan 4 Kekaisaran Besar atau kekuasaan monarki terbesar di Eropa, yaitu Kekaisaran Ottoman, Kekaisaran Jerman, Kekaisaran Rusia dan Kekaisaran Turki karena pada Perang Dunia I dimenangkan oleh pihak sekutu sehingga memaksa sistem kerajaan mengubah bentuk kekuasan menjadi sistem Republik.
  3. Lahirnya Negara-negara Baru, beberapa wilayah memisahkan diri dan memerdekakan diri, seperti Polandia, Hongaria, Finlandia, Cekoslavia, Yugoslavia dan Rumania.
  4. Krisis Malaise pada 1928, terjadi pergolakan ekonomi dan krisis ekonomi di hampir semua negara, depresi dimulai dengan jatuhnya saham di New York pada 24 Oktober sampai dengan yang terparah pada 29 Oktober 1929. Volume perdagangan internasional menurun, hingga pengaruh terhadap pendapatan perseorangan dan pajak, harga serta keuntungan. Kondisi ini membuat kehancuran ekonomi baik di negara industri ataupun negara berkembang.


Sumber foto :
https://www.pritzkermilitary.org/explore/museum/digital-collection/view/oclc/802407474

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_I
https://id.wikipedia.org/wiki/Penyebab_Perang_Dunia_I
https://encyclopedia.ushmm.org/content/id/article/world-war-i
https://hukamnas.com/akibat-perang-dunia-1
https://www.idntimes.com/science/discovery/xehi-dekirty/penyebab-terjadinya-perang-dunia-i-exp-c1c2/full

No comments:

Post a Comment

Related Posts