Saturday, April 18, 2020

Keynesianisme

Teori dan prinsip ekonomi yang terangkum pada The Wealth of Nations yang dibawakan oleh Adam Smith pada tahun 1931 dianggap telah mati. Saat itu dunia sedang mengalami Great Depression.

Saat The Wealth of Nations terkubur, datanglah Keynesianisme.

Keynesian economics atau Ekonomi Keynesian atau Keynesianisme, merupakan teori ekonomi yang dipopulerkan oleh seorang ekonom John Maynard Keynes, yang hidup antara tahun 1883 sampai 1946. Keynes membawakan teori ekonomi makro tentang bagaimana dalam jangka pendek - dan terutama selama resesi - output ekonomi sangat dipengaruhi oleh permintaan agregat (pengeluaran total) dalam perekonomian).


Keynesianisme muncul untuk mengatasi krisis yang melanda eropa pasca Perang Dunia I, yaitu pada saat itu teori klasik dan neo klasik sudah tidak mampu lagi menjelaskan fenomena yang terjadi dan mengatasi krisis yang dihadapi.

Diantaranya sebagai berikut

Monetarist. 
Keynesian melibatkan pengeluaran pemerintah, pandangan monetaris melibatkan pasokan uang untuk mempengaruhi perekonomian. Perubahan jumlah uang beredar dapat dilakukan dengan, misalnya, menaikkan atau menurunkan suku bunga.

Neoklasik. 
Menurut Sekolah Ekonomi Neoklasik, pemerintah tidak boleh mengintervensi karena ekonomi akan menuju ekuilibrium dengan sendirinya. Mereka percaya mekanisme koreksi diri ekonomi akan berhasil (meskipun, dalam jangka panjang).

Austria 
Pandangan ekonomi Austrian lebih fokus pada uang dengan mengubah tingkat bunga. Intervensi selama resesi akan menciptakan siklus boom-and-bust dalam perekonomian.

Dalam pandangan Keynesian, permintaan agregat tidak harus sama dengan kapasitas produktif ekonomi; sebaliknya, ia dipengaruhi oleh sejumlah faktor dan kadang-kadang berperilaku tidak menentu, memengaruhi produksi, pekerjaan, dan inflasi.

Kesimpulan utama dari teori ini adalah bahwa tidak ada kecenderungan otomatis untuk menggerakan output dan lapangan pekerjaan ke kondisi full employment (lapangan kerja penuh). Kesimpulan ini bertentangan dengan prinsip ekonomi klasik seperti ekonomi supply-side yang menganjurkan untuk tidak menambah peredaran uang di masyarakat untuk menjaga titik keseimbangan di titik yang ideal.

Gagasan Keynes tersebut dituangkan dalam buku The Economic Consequences of the Peace, yang terbit pada tahun 1919. Tahun 1930, Keynes menerbitkan buku dalam 2 jilid yang diberi judul Treatise on Money, yang menyatakan bahwa apabila jumlah uang yang dihemat melebihi jumlah yang diinvestasikan, maka pengangguran akan meningkat jika suku bunga terlalu tinggi.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Keynesian_economics
https://id.wikipedia.org/wiki/Keynesianisme
http://la.utexas.edu/users/hcleaver/357L/357Lrise.html
https://carajadikaya.com/teori-ekonomi-keynes/
https://cerdasco.com/ekonomi-keynesian/
https://www.simulasikredit.com/siapa-itu-john-maynard-keynes-biografi-john-maynard-keynes/

No comments:

Post a Comment

Related Posts