Wednesday, April 1, 2020

Perang Dunia II


Perang Dunia I sebagai perang global di Eropa sejak 1914 berakhir pada tahun 1918. Namun perang global terjadi lagi mulai tahun 1939 sampai 1945. Dengan melibatkan lebih banyak negara di dunia dibandingkan Perang Dunia I sebelumnya. Karena hampir melibatkan semua kekuatan besar, yang membentuk 2 aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros.

Perang Dunia II disebabkan oleh beberapa hal yaitu sebagai berikut :
  1. Liga Bangsa-bangsa (LBB) bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan sehingga LBB gagal dalam menciptakan perdamaian dunia.
  2. Negara-negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataan. 
  3. Adanya politik aliansi, yaitu Blok Fasis (Jerman, Italia, dan Jepang), Blok Sekutu, yang terdiri dari Blok demokrasi (Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda) dan Blok komunis (Rusia, Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovakia)
  4. Adanya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi, Jerman dengan Lebensraum-nya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah. Italia dengan Italia Irredenta yang meliputi seluruh Laut Tengah dan Abyssinia. Jepang dengan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya.
  5. Adanya pertentangan faham demokrasi, fasisme, dan komunisme.
  6. Adanya politik balas dendam Revanche Idea Jerman terhadap Perancis karena Jerman merasa dihina dengan Perjanjian Versailes.
Perang Dunia II dimulai saat Jerman menginvasi Polandia pada tanggal 1 September 1939. Inggris dan Prancis meresponsnya dengan menyatakan perang terhadap Jerman. Pasukan Jerman menginvasi Eropa barat pada musim semi tahun 1940. 

Dengan dukungan dari Jerman, Uni Soviet menduduki negara-negara Baltik pada bulan Juni 1940. Italia, anggota Blok Poros (negara yang bersekutu dengan Jerman), ikut terjun dalam perang pada tanggal 10 Juni 1940. 

Dari tanggal 10 Juli hingga 31 Oktober 1940, Nazi terlibat dalam perang udara di langit Inggris dan akhirnya kalah. Perang ini disebut Pertempuran Britania.

Perang Dunia II mengakibatkan kematian sekitar 55 juta orang di seluruh dunia. Perang ini adalah konflik terbesar dan paling destruktif sepanjang sejarah. 

Dampak Perang Dunia II adalah sebagai berikut :
  1. Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan, kemudian dibentuk United Nations Organization (UNO) atau  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
  2. Amerika Serikat dan Rusia menjadi pemenang di Perang Dunia II dan menjadi negara adikuasa.
  3. Terjadi politik kawanan / aliansi untuk kepentingan keamanan bersama, seperti NATO, METO dan SEATO.
  4. Jiwa nasionalisme berkobar dan sehingga beberapa negara merdeka seperti negara Indonesia (17 Agustus 1945), Filipina (4 Juli 1946), Birma (4 Januari 1948), India merdeka penuh (26 Januari 1950), dan Ceylon Dominion (4 Februari 1948), India dan Pakistan Dominion (15 Agustus 1947).
  5. Terjadi perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet).
  6. Muncul politik yang memecah belah negara yaitu, India menjadi 2 bagian (India & Pakistan), Indo-Cina menjadi 3 bagian (Laos, Indo-Cina, & Kamboja), Korea menjadi 2 bagian (Korea Utara & Korea Selatan), Jerman menjadi 2 bagian (Jerman Barat & Jerman Timur).

Sumber foto :
https://www.costumefantastic.com/products/deluxe-overhead-latex-rubber-ww2-german-soldier-tv-film-gas-mask-helmet-new-1

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_II
https://id.wikipedia.org/wiki/Penyebab_Perang_Dunia_II
https://materibelajar.co.id/dampak-perang-dunia-2/

No comments:

Post a Comment

Related Posts