Thursday, April 23, 2020

Equity Crowdfunding

Berinvestasi melalui saham dengan menjadi investor atau penanam modal memang dapat memberikan keuntungan sangat tinggi, namun selain dapat menghasilkan imbal balik yang tinggi, juga dapat disertai resiko yang juga sama tinggi.

Saham dengan konsep equity crowdfunding pernah dijalankan di Venesia yang dikenal sebagai colleganza pada tahun 1082, dan juga pernah dijalankan VOC, kompeni dagang Belanda dalam rangka mempersatukan kekuatan pada tahun 1602.


Jadi equity crowdfunding adalah praktik mendanai usaha atau proyek dengan mengumpulkan uang dalam jumlah kecil dari banyak orang melalui internet. Perusahaan yang ingin mengumpulkan modal, harus mulai mengajukan ide untuk menjual produk dengan membuat produk ini menarik bagi cukup banyak orang sehingga proyek Anda akan didanai.

Equity crowdfunding tidak sesederhana hanya memposting penawaran dan meningkatkan modal di situs web,  tapi equity crowdfunding merupakan pilihan penggalangan dana lain untuk pengusaha, tetapi setiap metode menimbulkan tantangan sendiri.

Saat ini di Indonesia terdapat platform equity crowdfunding atau layanan urun dana berbasis teknologi informasi yang telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan, sehingga para investor dapat membeli kepemilikan saham usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang telah berbadan hukum (Perusahaan Terbatas/PT), sehingga memiliki kelayakan secara bisnis maupun non-bisnis.

Hal ini diwujudkan oleh adalah Santara (santara.co.id). SANTARA adalah platform Layanan Urun Dana melalui penawaran saham berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding). Melalui Santara Anda dapat menjadi Pemodal dengan membeli saham bisnis UKM (Penerbit) profitable dan menikmati penghasilan tambahan dari bagi hasil bisnis UKM yang Anda miliki tersebut

Sejak Agustus 2018, Santara didirikan oleh Chief Executive Officer (CEO) dan co-founder Santara Reza Avesena dengan tujuan untuk mengembangkan usahanya agar terus naik kelas. Santara tidak hanya membantu mendapatkan pendanaan, tapi juga mendampingi para UMKM tersebut dengan memberikan literasi keuangan, penerapan standard akuntansi, ketentuan pajak, dan aturan bisnis lainnya.

Saat ini di Santara terdapat ribuan calon-calon penerbit baru yang ingin menawarkan sahamnya di Santara, namun Santara hanya meloloskan bisnis-bisnis yang terbaik, tergantung kualifikasi yang agar pemodal mendapatkan bisnis-bisnis terbaik yang profitable serta prudent dari sisi legal dan risiko, hal ini penting agar daat membuat investor semakin percaya untuk membeli saham bisnis melalui platform Santara.


Sumber :
http://thecrowdcafe.com/what-you-need-to-know-about-equity-crowdfunding/
https://www.forbes.com/sites/howardmarks/2018/12/19/what-is-equity-crowdfunding/#35e6d04e3b5d
https://investasi.kontan.co.id/news/jadi-equity-crowdfunding-berizin-pertama-begini-gambaran-investasi-di-santara?page=all
https://www.wartaekonomi.co.id/read257630/tanam-saham-di-bisnis-ukm-investor-santara-ketiban-rezeki-nomplok

No comments:

Post a Comment

Related Posts