Friday, April 3, 2020

Causes of Death

Berdasarkan data dari website worldometers.info disebutkan bahwa 54.229 orang telah meninggal sejauh ini dari wabah coronavirus COVID-19 pada tanggal 3 April 2020, 11:35 GMT. Dengan angka kematian yang tercatat terbesar adalah 5.969 jiwa yaitu pada tanggal 2 April 2020.

Jika dirata-rata sejak data yang tercantum awal pada tanggal 23 Januari 2020, maka angka rata-ratanya adalah 749 jiwa yang telah meninggal dunia.

Dimana kenaikan angka kematian cukup tinggi, terutama hari-hari terakhir. Yaitu rata-rata dalam 2 minggu terakhir adalah 3.081 jiwa, dan 1 minggu terakhir 4.156 jiwa.

Angka yang cukup besar tentunya.

Kita harus waspada, namun tidak boleh terlalu panik yang berlebihan. Agar tidak panik yang berlebihan, maka kita perlu mengetahui data pembanding. Yaitu data kematian secara global dengan tanpa membedakan faktor penyebab seperti penyakit, wabah, terorisme, perang dan bencana alam.


Mari kita ambil data pada tahun 2017 dimana secara data terdapat sekira 56 juta orang meninggal di dunia, atau setara 153.000 jiwa per hari. Dari data tersebut lebih dari 70% penyebab kematian di dunia adalah karena penyakit kronis, yaitu penyakit yang tidak menular dari satu orang ke yang lainnya.

Sepertiga kematian dikarenakan penyakit kardiovaskular yang mempengaruhi jantung dan arteri, yaitu sejumlah 18.600.000 jiwa, atau sekira 50.000 jiwa per hari.

Sedangkan penyebab utama kedua adalah penyakit kanker, yang menyebabkan satu dari enam kematian.

Penyakit tidak menular lainnya seperti diabetes, penyakit pernafasan tertentu dan demensia juga berada di urutan atas.

Sekira 1,6 juta orang meninggal atau sekira 4.300 jiwa per hari karena penyakit terkait dengan diare, sehingga menempatkannya pada penyebab kematian 10 teratas.

Sekira 1,2 juta orang meninggal karena kecelakaan di jalan.


Kembali pada penyakit yang disebabkan oleh virus corona covid-19, bahwa masih banyak celah untuk dilakukan perbaikan pada segi sanitasi, kebersihan, nutrisi, vaksinasi dan perawatan kesehatan. Demikian juga dengan peningkatan langkah pengamanan dan penanganan kesehatan jiwa.


Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
https://www.bbc.com/indonesia/majalah-47473341
https://www.worldometers.info/coronavirus/coronavirus-death-toll/

No comments:

Post a Comment

Related Posts